Tips Cara Meredakan Batuk Tanpa Dokter

Written by on ,
meredakan batuk

Tips dan ramuan untuk Redakan batuk. Kalau kebetulan sedang berkunjung ke rumah keluarga atau kerabat banyak sekali yang ditanya salah satunya adalah “disana musim apa, Yu?” saya jawab “musim batuk nih “( hi hi... ) iya memang sedang musim batuk, dimana-mana lagi batuk-batuk apalagi di kantor tempat saya bekerja, dari bos, manager, finance, koordinator project sampai admin project kayak saya nih kena juga akhirnya. Rasanya tuh bikin sesak nafas, apalagi kalau batuknya tidak berdahak seperti saya ini, kalau mau batuk selalu gak cukup sekali gak kena sasaran gatalnya. Tapi saya bersyukur saja diberi sakit karena saat kita sakit ada empat hal yang diambil , yaitu : 
- pertama aura wajah, yang tadinya berseri jadi pucat, 
- yang kedua selera makan,saat sehat tadinya bisa mengecap asin, manis, masam dan lain – lain jadi tidak berasa, 
- ketiga rezeki bukan dimaksudkan miskin, tapi energi tubuh jadi berkurang, jadi lemas dan tidak segar bugar seperti biasa akhirnya kegiatan bekerja jadi terganggu, 
- dan yang terakhir adalah dosa kita. 

Baiknya Allah adalah, dia akan mengembalikan point 1- 3 tapi point ke-4 tidak dikembalikan. 

Tapi namanya sakit kita juga harus berikhtiar mencari kesembuhan, karena semua penyakit itu pasti ada obatnya, jangan mentang – mentang dosa kita berkurang bila sedang sakit, kalau kita tidak sayang tubuh yang ada Allah jadi marah.. beberapa teman saya yang kebetulan sudah keluar dari penyakit yang sama, menyarankan ramuan dan beberapa tips yang bisa melancarkan batuk dan menyembuhkannya diantaranya sebagai berikut :

1. Minum perasan jeruk nipis dan kecap manis
Bukan hanya teman yang menyarankan ini, tapi saudara saya juga menyarankannya dia bilang ambil saja 2 sendok kecap manis, dan satu jeruk nipis lalu peras dan aduk kemudian minum perlahan, saudara saya juga sudah mencobanya dan lumayan ampuh.

2. Minum banyak – banyak air hangat.
Saat batuk pastinya tenggorokan akan terasa perih dan dada juga ikutan sesak dan panas, untuk membuatnya hangat, cobalah untuk minum air yang hangat tapi agak sedikit dominan panasnya, rasanya benar – benar enak pembaca, saya sudah mencobanya.

3. jangan makan yang pedas dan berminyak.
Makanan yang pedas dan berminyak akan merangsang tenggorokan menjadi panas dalam, bila terlalu banyak mengkonsumsi makanan bergolongan pedas dan berminyak, pastinya akan menyebabkan tenggorokan luka dan batuk – batuk.

4. Minum sari kencur.
Teman saya menyarankan minum sari kencur untuk meredakan batuk, haluskan saja kencurnya lalu peras dengan air hangat langsung minum.

Bila sakit batuk masih berlanjut dan tidak senormal batuk biasa, pembaca bisa konsultasi dan periksa kedokter, get well soon yaa buat pembaca yang kebetulan sakit batuk dan get well soon juga untuk saya yang sudah agak baikan dari sakit batuk. ( Ayu Dyan A )
.