Rute Jarak Kebumen Cilacap Mudah dan Tercepat

Written by on ,
jarak kebumen cilacap

Jarak Kebumen Cilacap adalah sekitar 60 km ( kotanya saja ). Pulang mudik ke Kebumen, saya bawakan oleh-oleh berupa berita tentang rute Cilacap-Kebumen yang bisa pembaca lalui dengan lebih mudah. Meskipun jarak dengan rute ini saya tidak tahu pasti apakah lebih pendek, tetapi yang jelas rute ini lebih cepat dan lebih mudah karena kita akan melewati sawah dan desa yang masih jarang kendaraan lewat.

Juga buat pembaca yang baru akan berkunjung ke Kebumen start dari kota Cilacap ( dan atau sebaliknya ) maka bisa jadi rute ini berguna buat anda. Oh iya, jarak Kebumen Cilacap adalah sekitar 60 km jika kita start dari terminal di kota Cilacap dan finish di kota Kebumen, atau sebaliknya dari kecamatan Kebumen kabupaten kebumen ke Cilacap kota.

Secara umum, rute yang biasa saya dan orang lalui adalah sebagai berikut dengan start Cilacap Kota. Jika pembaca memulai perjalanan dari Kota Kebumen maka tinggal dibalik saja rutenya ya:

Cilacap Kota ( Jalan Urip Sumoharjo Gumilir ) --> Karangkandri ( Jalan Soekarno Hatta ) --> Cantelan --> Kesugihan --> Maos --> Sampang --> Buntu --> Sumpiuh --> Tambak ( Jalan Raya Gumelar Kidul ) --> Gombong --> Karanganyar ( Jalan Revolusi Timur ) --> Kota Kebumen.

Rute dan Jarak Kebumen Cilacap Yang Lebih Nyaman ( Sepi )

Rute dan jarak Kebumen ke Cilacap yang sudah saya sebut diatas sudah saya tinggalkan dan saya beralih ke rute lain atas saran dari adik saya yang sudah praktek duluan. Nah pada rute kali ini saya start dari Cilacap kota ya... Jika pembaca memulai rute dari Kebumen Kota maka tinggal dibalik cara bacanya. Saya sendiri asli wong Kebumen yang sekarang sudah menetap di Cilacap sejak 30 tahun yang lalu alias ketika umurku baru 7 tahun ( sapa sing takon? hi hi... ).

Ini rute tercepat, nyaman, tidak banyak kendaraan dan hanya kendaraan kecil yang lewat. Rute ini juga bisa dijadikan alternatif ketika mudik lebaran, yang mana biasanya jalan utama akan sangat ramai dan riskan. So, silakan coba rute ini disiang hari ya... 

Cilacap Kota ( Jalan Urip Sumoharjo Gumilir ) - Karangkandri ( Jalan Soekarno Hatta ) - Cantelan -->

Nah dari desa Cantelan yang biasanya kita lurus menuju Kesugihan maka disaat kita sampai di Lampu Bangjo di persimpangan Cantelan maka beloklah ke Kanan dan kita akan melewati Adipala, rute nya yaitu:

Cantelan --> Adipala --> Maos --> Kroya --> Jalan Jend Sudirman Danasri Kroya -->Sumpiuh --> 
Dari Sumpiuh ini kita akan meneruskan perjalanan seperti biasa yaitu rute jalan utama di

Tambak ( Jalan Raya Gumelar Kidul --> Gombong --> Karanganyar ( jalan revolusi Timur ) --> Kota Kebumen.

Meskipun pembaca mungkin baru melewati rute ini , pembaca tidak akan kesasar. Caranya: tetaplah fokus di jalan aspal yang pembaca lalui. Jika pembaca melihat belokan dan persimpangan maka jangan dihiraukan dan tetaplah telusuri jalan aspal. Teruslah berjalan sampai pembaca menemui rel kereta api di Sumpiuh. bangunan sekolah ini ada di dekat rel kereta api:
kebumen cilacap
sumpiuh

Jika pembaca sudah melihat rel kereta api, maka selamat, sebab 100 meter diseberang rel sudah bisa pembaca temui jalan besar untuk selanjutnya pembaca lalui seperti biasa. Silakan belok kanan untuk melanjutkan perjalanan seperti biasa melewati  Tambak ( Jalan Raya Gumelar Kidul --> Gombong --> Karanganyar ( jalan revolusi Timur ) --> Kota Kebumen.

Gombong Kebumen

Jika pembaca sudah sampai Gombong, pembaca yang ingin tarik tunai bisa mampir ke ATM BNI, BCA, Mandiri, BSM dan lain-lain yang letaknya ada disepanjang jalan Yos Sudarso Gombong. Kebutuhan bensin untuk perjalanan Kebumen Cilacap hanya 1 liter jika pembaca menggunakan sepeda motor Suzuki Address MotoGP 110 cc. Tapi jika motor pembaca mungkin merk lain dan membutuhkan lebih banyak bensin maka jangan kawatir, banyak pom bensin bisa pembaca temui di sepanjang jalan Cilacap menuju Kebumen.
gombong kebumen

gombong
pasar Gombong

kebumen

Selamat menempuh rute berbeda ini, semoga lebih nyaman dan lebih cepat sampai. Jarak Kebumen Cilacap sekitar 60 km per jam bisa pembaca tempuh selama kurang lebih 2 jam jika speed 50 km per jam. Pesan terakhir dari saya adalah "Tetap waspada, kendalikan nafsumu untuk mengontrol laju kendaraan, sebab nyawamu hanya satu" 

.