Obat Untuk Menyembuhkan Gigitan Serangga Tomcat

Written by on ,
obat serangga
daun sirih
Obat untuk menyembuhkan gigitan serangga Tomcat. Beberapa bulan yang lalu, seluruh Indonesia dihebohkan dengan serangan serangga yang bernama Tomcat. Hewan serangga yang terkenal dengan sebutan Tomcat ini mempunyai beberapa nama di Indonesia.Tomcat disebut juga semut semai; kumbang ‘Rove’; semut kayap dan ‘charlie’. Serangga yang mempunyai bentuk tubuh yang cantik menawan ini termasuk jenis kumbang. Warna belang-belang oranye dan hitam serta tubuh yang ramping dengan ujung badan runcing, sangat indah dipandang. 

Obat Untuk Menyembuhkan Gigitan Serangga Tomcat

Apa obat untuk menyembuhkan gigitan serangga tomcat ? Maraknya berita tentang Tomcat, karena banyak orang yang terkena serangannya. Mereka yang terkena serangan Tomcat tidak tahu obat apa untuk menyembuhkan luka itu. Di sini kita akan membahas tentang obat herbal yang insya Alloh ampuh untuk luka karena Tomcat. Sebelumnya lebih baik kita mengenali dulu, apa sih, Tomcat itu? Bagaimana pula luka akibat Tomcat?

Sebagian kita banyak yang salah tentang penyebab luka dari Tomcat. Seringkali orang tidak menyadari bila luka yang ada disebabkan oleh Tomcat . Bentuk luka pertama hanya terlihat seperti bekas garukan kuku dan hanya berupa kulit yang memerah. 

Warna memerah pada kulit akibat Tomcat, bila dibiarkan dalam sehari akan berubah menjadi luka melepuh [ ‘dermatitis linearis’ ]. Rasa perih dan panas terbakar. Tersentuh sedikit saja rasanya sakit. Bagian kulit yang terserang bisa di daerah mana saja. Seluruh daerah kulit tubuh bisa terkena serangan Tomcat.

Luka yang disangka orang karena gigitan Tomcat itu tidaklah benar. Luka melepuh lebam itu karena cairan yang dikeluarkan oleh Tomcat saat dia bersentuhan dengan kulit manusia. Cairan yang bernama ‘hemolimf’ ini berupa toksin [ ‘aederin’]. Lebih membahayakan lagi, ternyata Tomcat juga meninggalkan cairannya di handuk, seprei, alas kaki juga di baju-baju.

Saat Tomcat tersentuh kulit, lebih baik kita hanya meniupnya, atau menyingkirkan dengan alat perantara. Bersentuhan langsung dapat menyebabkan luka melepuh tadi. Bila di dalam rumah kamu ditemukan Tomcat, segera matikan semua sumber cahaya seperti lampu. Tomcat sangat senang dengan tempat yang terang. Jangan menggunakan baju terbuka, untuk menghindari sentuhan langsung dengan Tomcat. 


Obat Gigitan Serangga

Bila semua usaha menghindari Tomcat sudah dilakukan, namun masih terkena toksinnya. Apa yang harus dilakukan? Pada pengobatan secara medis, luka melepuh itu diberi obat ada yang berupa salep oles dan pil yang diminum. Namun semua pengobatan medis itu akan menyembuhkan dalam beberapa hari. Lamanya waktu membuat kita harus menahan rasa perih hingga sembuh. Ada resep herbal yang lebih ampuh untuk mengobati luka tadi.

Ramuan herbal ini akan menyembuhkan luka gigitan serangga. Kandungan ramuan herbal : 
  1. Ramuan herbal pengobat luka akibat toksin Tomcat terdiri dari : - Satu kepal rimpang Bengle [ tanaman sejenis jahe ] - Sepuluh lembar daun sirih hijau - Beberapa tetes minyak telon
  2. Rimpang bengle dan daun sirih diparut hingga sedikit halus, lalu tetesi dengan minyak telon. Ramuan tadi ditempelkan di kulit yang sakit. Lindungi ramuan yang ditempelkan tadi dengan perban yang keempat sisinya diberi plester. Perban dan plester tadi berguna untuk menghindari ramuan jatuh.
Bila dalam sehari dirasa ramuan telah mengering, dan luka belum benar-benar sembuh, ganti dengan ramuan yang masih tersisa. Ramuan yang tersisa sebaiknya dibungkus dengan plastik, agar tidak mengering. Bila ramuan mengering, tambahkan lagi tetesan minyak telon. Tanda bila luka melepuh telah sembuh adalah ketika kulit menghitam dan lepuhan mengempis. Kulit menghitam tadi dalam beberapa hari akan kembali normal setelah terkelupas.

Demikianlah sekilas info tentang obat atau cara menyembuhkan luka karena toksin Tomcat dengan ramuan herbal yang insya Alloh terbukti manjur.  ( Penulis: Farah Riza ) Manfaat kopi dan bahaya kopi.
.