Nikmatnya Kaldu, Makanan Khas Sumenep

Written by on ,
makanan khas

Nikmatilah kaldu, makanan khas Sumenep . Sumenep adalah kota kecil di pulau Madura, Jawa Timur. Jika selama ini pulau Madura identik dengan sate itu sah-sah saja, karena perantauan Madura kebanyakan berjualan sate. Tapi ada satu kuliner lain yang patut di coba dari pulau Madura yaitu Kaldu.


Makanan Khas Sumenep , Kaldu Namanya

Kaldu di sini bukan air rebusan sayuran dan tulang. Melainkan kuliner yang berbahan dasar kacang hijau, daging sapi atau kikil, daging bagian kaki sapi. Proses proses pembuatannya memakan waktu hingga dua jam. Kacang hijau direndam semalaman agar mendapat tekstur agak lunak. Lalu direbus dengan daging sapi atau kikil. Diberi rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, pala, dan merica. Rempah itu dihaluskan lalu ditumis bersama daun kucai. Setelah kacang hijau, daging atau kikil empuk dan mengental proses memasak selesai.

Kaldu ini disajikan khas bersama lontong, sambal, kecap, perasan jeruk nipis, taburan bawang goreng. Jika anda mau dapat menambahkan potongan kroket dari singkong.

Seiring perkembangan zaman dan maraknya modifikasi terhadap kuliner, kaldu sebagai makanan khas Sumenep pun ikut dimodifikasi menjadi kalsot. Yaitu perpaduan antara kaldu Sumenep dengan soto Sumenep. Dalam satu mangkok soto Sumenep terdiri dari lontong, mie suun, singkong rebus yang dipotong kecil-kecil, babat, daging bagian lambung sapi. Lalu disiram dengan bumbu kacang yang dihaluskan yang terdiri dari kacang tanah goreng, petis, pisang biji. Jika ingin sensasi pedas dapat ditambah cabe rawit sesuai selera. Lalu disiram lagi dengan kuah rebusan daging dan babat yang telah diberi rempah. Dan ditaburi dengan taoge goreng. Kalsot yaitu kaldu khas Sumenep yang saat disajikan ditambah dengan bumbu kacang soto Sumenep.

makanan khas sumenep
Ibu-ibu di kampung biasanya menyajikan makanan khas yaitu kaldu maupun kalsot jika ada acara penting seperti arisan dan lebaran. Kaldu ini juga dapat dijumpai di warung makan pinggir jalan atau di areal perkampungan. Kaldu daging biasanya dibandrol dengan harga kisaran Rp. 10.000 dan untuk kaldu kikil dibandrol dengan Rp 15.000. Sedang kalsot daging dibandrol Rp. 20.000 dan kalsot kikil dibandrol dengan harga Rp. 25.000. Tertarik untuk mencicipinya? Silakan datang kekotaku Madura ya.. ( Penulis: Ummu Nafisah ) Manfaat kopi dan bahaya kopi.
.