Tips Perawatan Rambut di Rumah

Written by on ,
tips perawatan rambut

Rambut adalah mahkota alami bagi manusia. Setiap orang pasti mempunyai rambut yang dibawa saat kelahirannya. Lihatlah bayi yang baru lahir, tidak pernah dijumpai kabar ada bayi yang tidak punya rambut di kepala sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa rambut dimiliki oleh seluruh manusia pada kelahirannya. Jika ada orang yang tidak punya rambut atau botak dapat dipastikan ada masalah dalam gen pertumbuhannya karena berbagai hal atau memang disengaja untuk tidak punya rambut. 
Setiap benda atau barang yang dimiliki oleh manusia tentu harus dirawat dan dijaga agar awet dan tahan lama. Begitu juga dengan rambut yang butuh perawatan setiap harinya. Bagi wanita yang berjilbab, perawatan rambut juga perlu dilakukan agar rambut sehat dan tidak rusak. 


Berikut ini tips perawatan rambut di rumah dengan biaya murah


BERSIHKAN RAMBUT SECARA TERATUR 
Usahakan membersihkan rambut minimal 2 kali sehari agar kebersihan rambut dan kulit kepala terjaga. Tidak perlu terlalu lama, cukup satu atau dua menit. Kebersihan rambut bisa membantu lancarnya sirkulasi darah pada kulit sehingga mengurangi stres dan membantu jaringan metabolisme tumbuh dan berkembang. 

PILIH SAMPO YANG TEPAT 
Kenali jenis rambutmu dan gunakan sampo yang sesuai. Jika rambut bermasalah dengan kerontokan, gunakan sampo untuk rambut rontok. Jika rambut kering gunakan sampo untuk rambut kering. Untuk yang berjilbab, bisa gunakan sampo yang mengandung menthol dan bikin adem. Jangan lupa untuk selalu menggunakan kondisioner guna menghindari rambut kering rusak akibat pemakaian samphoo.

MEMILIH SISIR YANG SESUAI 
Kesehatan rambut erat kaitannya dengan pemilihan sisir yang tepat. Sisir yang kurang baik akan menyebabkan rambut rusak atau rontok. Gunakan sisir yang bergigi renggang dan tidak tajam. Hindari sisir berbahan nilon atau metal karena menyebabkan rambut rusak dan mudah patah. sisir rambut dengan lembut dan jangan keras keras. Bersihkan sisir dari sisa rambut yang tersangkut dan cuci sisirnya. 

GUNTING RAMBUT 
Guntinglah rambut secara teratur agar ujung ujung rambut tetap sehat, tidak bercabang dan tidak mudah patah. Menggunting rambut juga membuat rambut lebih rapi dan enak dilihat. 

KONSUMSI MAKANAN BERGIZI 
Rambut sehat memerlukan asupan nutrisi yang baik. Kurangnya protein dan vitamin dapat membuat rambut rontok, kusam, kemerahan dan berketombe. Zat belerang yang terdapat pada ikan, telur dll dapat memberikan kilau pada rambut dan menjaga kekuatannya. 

KENAKAN PENUTUP SAAT BERENANG 
Kenakan penutup rambut saat berenang untuk menghindari kerusakan rambut yang diakibatkan oleh rendaman air. Selesai berenang cuci rambut untuk menghilangkan klorin pada rambut. 

JAUHI SINAR MATAHARI 
Terik matahari dapat merusak rambut. Itulah mengapa, saat di tengah terik matahari kita harus memakai topi atau payung. Jika bepergian usahakan rambut terlindungi dari sinar matahari. Itulah beberapa tips perawatan rambut yang dapat dilakukan dirumah dengan biaya super murah. Intinya adalah disiplin dan telaten, insya Allah hasilnya maksimal. ( Mun's Fadh ) Penyebab Kegemukan dan Gagal Diet
.