Penyebab Kegemukan dan Gagal Diet

Written by on ,
kegemukan

Sudah diet keras-keras, gak makan malam, gak makan manis, gak minum es ehhhh tetap ajah jarum di timbangan muternya sampe berkali-kali.... owhhh nightmare! Untuk sebagian perempuan, termasuk saya selalu berusaha mendapatkan tubuh ideal, berat proporsional, pinggang ramping, dan tinggi semampai sampai semua cara dilakukan dan gak dibedain dulu mana yang aman.. mana yang bahaya buat tubuh, dan seringkali kita tahu bahwa diet yang kita lakukan tidak didukung dengan gaya hidup yang sehat pula, dibawah ini adalah beberapa ulasan kebiasaan – kebiasaan yang bikin gemuk dan gagal diet.

1. Makan dengan cepat, makan itu harusnya perlahan kalau mau dihitung sampai 31 kali kunyahan, atau saat makanan sudah terasa halus dan tercampur air liur, karena makanan dicerna bukan saat dilambung sepenuhnya, bantulah lambung anda melapisi makanan yang masuk dengan enzim agar kerja lambung lebih ringan dan makanan akan mudah dan cepat dicerna dengan baik.

2. Habis makan langsung tidur, tidak pernah disarankan habis makan mau sekenyang apapun kita diperbolehkan tidur, makanan belum sampai lambung kita sudah tidur sangatlah mengganggu pencernaan makanan.

3. Kurang minum air putih, jangan pernah takut untuk mengkonsumsi air putih karena air putih tidak akan menambah berat badan, justru semakin anda banyak konsumsi minum air putih atau setidaknya 12 gelas / 2,5 liter air per hari, tubuh akan segar, pencernaan lancar dan organ didalam tubuh terutama ginjal akan dilumasi terus dengan air sehingga kerja organ tidak akan berat.

4. Menunda jam makan, diet itu bukan masalah menekan jadwal makan sampai telat sekali, diet itu mengatur beberapa kalori yang masuk didalam tubuh agar tidak terlalu banyak dan di jam yang mudah dicerna.

5. Mengkonsumsi makanan berbentuk kecil dan ringan, banyak yang salah kaprah dengan makanan berbentuk kecil misalkan keripik atau kerupuk , makanan itu tidak dilihat bentuknya tapi dilihat cara memasaknya dan kalori yang terkandung. Misalnya saja kerupuk atau keripik singkong, makanan sekecil itu cara pengolahannya sangatlah beresiko untuk menaikan berat badan karena menggunakan metode deep frying (menggoreng dengan minyak goreng melimpah) bisa dibayangkan kan, makanan yang digoreng dengan minyak melimpah.

6. Konsumsi buah yang terlalu manis/ Buah – buahan sangat baik untuk kesehatan, namun bila anda ingin mengkonsumsi buah untuk diet anda tentunya harus tahu, kalau ada beberapa buah yang tidak disarankan untuk diet, contohnya buah mangga. Walaupun buah tidak menggunakan bahan pemanis, tetapi kandungan kalori di mangga terlalu berat untuk dikonsumsi oleh orang yang sedang program diet. Mangga juga tidak disarankan untuk penderita diabetes dan stroke. Konsumsilah buah yang banyak mengandung air dan kalium seperti jeruk, semangka, strawberry, kiwi, pisang dan sebagainya.

Itulah beberapa kebiasaan yang seringkali kita lupakan dalam menjalanai program diet, semoga program diet kita bisa lebih banyak berhasilnya ya, semangat.. ( Ayu Dyan A ) Agar Badan Tetap Bugar di Kantor
.