Penyakit Step dan Cara Pencegahan

Written by on ,
step

Sakit Step / stuip pada anak adalah kejang yang dikarenakan oleh demam tinggi dan suhu badan yang meningkat. Bagaimana cara pencegahan penyakit Step ?

Ibu saya bercerita, dulu semasa masih kecil saya pernah mengalaminya dan jum’at kemarin teman kantor saya panik pulang kerja lebih cepat karena dapat kabar anaknya step, walaupun saya belum menikah saya tetap takut kalau nanti saat menikah dan punya anak dan anak saya terkena step pasti sangat membuat panik dan takut, makanya setelah mendengar kabar dari teman kantor saya dan karyawan yang lain sempat berbincang tentang penyakit step ini, sebagian karyawan di kantor saya bekerja rata – rata karyawannya sudah menikah dan punya anak makanya memudahkan perbincangan ini lebih jauh, dan saya mendapatkan beberapa informasi yang bisa menjadi bekal juga untuk saya.

Penyebab Step adalah imunitas tubuh anak yang menurun, sehingga saat anak mengalami suhu badan yang naik imunitas anak tidak bisa toleransi terjadilah kejang , karena akan terjadi kontraksi otot yang berlebihan. Namun kerjang demam (step/Stuip) terjadi tergantung ketahanan tubuh anak itu sendiri, jadi bila termometer suhu badan mencapai 37 C pun tidak terkena kejang demam

Step juga bisa terpicu karena beberapa penyakit seperti : influenza, batuk, radang tenggorokan, muntaber dan sebagainya.

Bila anak sudah terlanjur terkena step, ada baiknya sebelum kerumah sakit atau saat anda dalam perjalanan menuju rumah sakit, lakukan beberapa pertolongan pertama pada anak :
  • Beri obat penurun panas, baik yang langsung diminum atau obat yang dimasukan lewat anus.
  • Kompres dengan air hangat jangan dengan air yang dingin karena suhunya akan bentrok dengan suhu panas dalam tubuh.
  • Lepaskan kancing celana dan baju agar anak mendapat oksigen yang banyak.
  • Jauhkan adri benda – benda yang bisa menimbulkan cedera saat anak kejang.
  • Jaga suhu disekitar agar lebih sejuk, jangan terlalu dingin dan jangan panas.
  • Miringkan posisi anak pada saat kejang agar tidak menelan air liurnya saat sedang terjadi kejang.
  • Jaga agar mulut anak tetap terbuka dengan menggigitkain kain jangan yang barang yang keras karna bisa merusak gigi anak.
Kejang bisa saja berulang pada anak, namun tentunya akan berakibat yang tidak baik bila terus berulang, maka dari itu kita harus mencegah terjadinya step pada anak dengan memberi asupan makanan pada anak yang bergizi, beri minum yang banyak karena air putih akan menjaga suhu badan anak, beri jadwal waktu main diluar rumah agar mengurangi anak terkena sinar matahari yang terlalu lama untuk menghindari dari dehidrasi dan kurang cairan yang bisa memicu demam tinggi pada anak.

Demikian ulasan tentang step/stuip,penyebab step, pertolongan pertama dan pencegahan kejang demam. Mudah – mudahan para pembaca bisa mengambil informasi dari step. ( Ayu Dyan A ) Cara Agar Tidur Nyenyak
.