Beda Demam Berdarah dan Penyakit Typus

Written by on ,
penyakit typus

Perbedaan Demam Berdarah dan Penyakit Typus adalah sebagai berikut. Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang menularkan virus dengue. Nyamuk ini biasanya menggigit pada siang hari dan bisa menular bila setelah menggigit orang lain selanjutnya virus akan terus berpindah selama nyamuk ini masih menggigit.


Gejala yang dialami setelah tergigit nyamuk dan mengalami demam berdarah adalah :

  1. Panas tinggi.
  2. Badan nyeri dan pegal – pegal berlebihan, kepala pusing, sempoyongan, muntaber serta demam.
  3. Munculnya bintik merah.
  4. Demam cenderung turun pada hari ketiga, ini dimanakan fase tapal kuda, karena naik – turun – naik lagi. Panas pada penderita demam berdarah memang seperti itu makanya kita harus segera ke dokter agar tahu penyakit kita apa.
Demam berdarah menyebabkan perdarahan pada sebagian organ penderitanya, penanda yang paling terlihat adalah bintik merah pada kulit.

Demam berdarah menyebabkan trombosit sang penderita turun drastis makanya kita harus segera melakukan cek darah bila mengalami gejala – gejala demam berdarah di atas.

Typus
Typus adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella, bakteri ini menyerang usus sang penderita sehingga menyebabkan usus menjadi luka dan pencernaan jadi terganggu kemudian akan menyerang limpa dan kantung empedu. Bakteri salmonella biasa terdapat pada lingkungan yang kotor serta makanan atau minuman yang kurang higienis. Serta makanan yang kurang matang contohnya ada pada daging ayam bila anda mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar ayam anda harus memasaknya sampai matang 100% karena bila tidak Bakteri salmonella akan ikut termakan.

Gejala Typus sebagai berikut :
  1. Demam yang terus meningkat dari hari ke hari.
  2. Demam berangsur turun pada pagi hari dan naik kembali pada malam hari.
  3. Sakit pada tenggorokan, flu dan batuk.
  4. Serta nyeri pada perut dan diare.
Bila anda mengalami gejala diatas segeralah kedokter untuk cek darah, akan dilakukan tes widal yang menunjukan apakah ada antibodi pada darah untuk bakteri salmonella atau tidak.

Pengobatan yang diberikan pada demam berdarah adalah menjaga penderitanya untuk terus mendapat cairan agar tidak mengalami dehidrasi karena belum ada vaksin yang bisa melawan virus dengue. Sedangkan typus pengobatannya dengan memberikan antibiotik agar bakteri salmonella yang menyebabkan typus bisa mati serta perawatan agar usus yang luka cepat pulih dengan menkonsumsi makanan yang lunak.

Cara pencegahan agar tidak terkena demam berdarah dan typus adalah:
Untuk demam berdarah, kita tentunya sudah tau penyebab demam berdarah adalah nyamuk aedes aegypti makanya kita harus memutus mata rantai penularan demam berdarah dari nyamuk tersebut seperti melakukan 3M :
  • Menguras : menguras bak mandi atau tempat penyimpanan air lainnya minimal 1 kali dalam seminggu.
  • Menutup : Menutup temoat penampungan air.
  • Mengubur : Mengubur barang – barang bekas, yang bisa menampung air sperti pot yang tidak terpakai, botol air mineral dan lain – lain yang menyebabkan tergenangnya air.
Untuk pencegahan Penyakit Typus adalah :
Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kita, biasakan mencuci tangan sebelum makan, memasak makanan sampai matang. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersih dan higienis.

Jagalah terus kesehatan tubuh kita dan kebersihan lingkungan kita karena lingkungan yang bersih akan mendukung hidup yang sehat. ( Ayu Dyan A ) Vegetarian dan Resep Masakan
.