Vegetarian dan Resep Masakan Gluten Vegetarian

Written by on ,
vegetarian

Mari membahas tentang vegetarian dan resep masakan vegetarian. Vegetarian adalah sebutan untuk orang yang tidak mengkonsumsi protein hewani seperti : Daging-dagingan, unggas, ikan. Serta ada juga yang tidak mengkonsumsi turunan dari hewan atau olahan dari hewan seperti : Telur, Keju, Kaldu dan Susu.

Vegetarian di bagi menjadi beberapa jenis seperti:

  1. Vegan, kelompok Vegetarian ini tidak sama sekali mengkonsumsi daging, ikan dan unggas serta olahan turunannya seperti telur, susu,keju dan kaldu.
  2. Lacto Vegetarian, kelompok ini tidak mengkonsumsi daging, unggas, ikan dan telur tapi masih mengkonsumsi susu.
  3. Pesca Vegetarian, kelompok ini tidak mengkonsumsi daging dan unggas tapi masih mengkonsumsi telur, ikan dan susu.
  4. Lacto Ovo Vegetarian, kelompok ini tidak mengkonsumsi daging, unggas, ikan. Tapi masih mengkonsumsi susu dan telur.
  5. Frutarian, kelompok ini hanya memakan buah – buahan dan kacang – kacangan.
  6. Raw Foodist, kelompok ini tidak mengkonsumsi makanan yang dimasak terlebih dahulu, makanan diolah seperti di jus dan diiris halus saja tanpa ada pemanasan.
Manfaat menjadi seorang vegetarian adalah menekan resiko penyakit degenarativ seperti : Jantung, kolestrol, diabetes, ginjal, gagal ginjal, liver dan lain – lain. Seorang Vegetarian juga sama saja memakai vitamin dalam tubuh agar menghindar dari proses penuaan sel dan menangkal radikal bebas supaya sel dalam tubuh sama dengan usia kita. Kulit akan lebih halus, kencang dan bersinar karena lemak yang dikonsumsi sedikit dan lebih banyak nutrisi serta vitamin yang masuk, jadi jangan ragu untuk menjadi vegetarian atau setidaknya mencoba mengatur makanan untuk lebih memperbanyak sayur dan buah dan menghindari lemak berlebihan yang banyak terdapat dari protein hewani.

Jaman ini sudah banyak bertebaran restoran yang menyajikan makanan untuk Vegetarian dan yang lebih kerennya lagi, makanan yang disajikan bentuk serta rasanya dibuat mirip dengan daging sapi, ayam , ikan dan lain – lain untuk menggugah selera para vegetarian dan menambah semangat untuk makan tentunya, karena memang sudah banyak sekali yang memproduksi olahan tepung vegetarian dan jamur – jamuran yang mirip dengan rasa daging. 

Ada juga olahan yang bisa anda buat sendiri untuk dijadikan menu tambahan pada sayur-mayur anda namanya adalah Gluten, Gluten adalah sejenis olahan dari sari pati tepung, gluten ini bertekstur seperti daging dan menjadi base adonan untuk membuat olahan daging ala vegetarian, anda hanya perlu menambahkan perisa daging vegetarian untuk menambahkan rasanya, untuk perasa anda bisa membelinya di toko – toko vegetarian terdekat.

Berikut akan saya share cara membuat gluten
Bahan Gluten :
500 gram terigu protein tinggi
1 sendok teh garam
250 ml air bisa dikurangi dan dilebihkan , sampai adonan kalis

Bahan Rebusan :
2 lembar daun salam, dikerat – kerat agar aromanya tercampur maksimal
2 sendok makan Kecap Asin
1500 ml Air

Cara membuat gluten :
  1. Ayak tepung terigu dan garam, kemudian tuangi air dan adoni sampai kalis seperti membuat adonan untuk roti.
  2. Pindahkan dalam wadah yang besar, lalu tambahkan air sampai adonan terendam biarkan adonan selama 6 jam.
  3. Setelah 6 jam, cuci adonan di bawah air yang mengalir sambil di cubit – cubit halus hingga tekstur adonan sangat elastis dan air cucian bening.
  4. Panaskan bahan rebusan seperti : air, daun salam dan kecap asin sampai mendidih.
  5. Setelah mendidih, masukan gluten dan rebus sampai gluten keras dan matang. Angkat dan triskan.
  6. Gluten siap diproses sesuai keinginan anda, bila anda ingin menyimpannya bisa anda taruh diwadah yang tertutup lalu simpan dalam chiller, bila adonan tertutup rapat adona akan tahan maksimal 2 minggu.
Semoga kita bisa lebih bijaksana lagi dalam mengatur makanan yang kita konsumsi, tentunya semua harus seimbang. Dan mudah – mudahan penjelasan tentang vegetarian diatas bisa menjadi langkah awal kita untuk lebih memilih gaya hidup yang lebih sehat. ( AYu Dyan A ) Cara Meredakan Flu dengan Alami
.