Bahaya Radiasi Handphone atau Gadget

Written by on ,
bahaya gadget
Ternyata Handphone atau Gadget mengandung bahaya radiasi. Sah – sah saja seseorang menyayangi gadgetnya sampai harus dibawa kemana – mana, tapi hal – hal yang terlalu berlebihan seperti itu tentunya tidak baik untuk kita karena gadget akan terus melakukan pancaran gelombang elektromagnetik agar terus bisa beroperasi, itulah penyebab radiasi yang akan kita alami.

Penarikan signal ke gadget yang lebih banyak orang punya adalah handphone, sangatlah sering terjadi apabila kita menaruhnya di tempat terbuka dan jauh dari jangkauan kita tentu bahaya radiasi akan berkurang namun bila kita menaruhnya didekat jangkauan kita, menggenggamnya, menaruhnya dikantong kemeja atau celana tentunya penarikan signal dan gelombang elektromagnetik akan berlangsung dua kali lipat, hal ini yang membahayakan untuk kita, karena saat kita menelepon atau mengirim sms handphone akan mengeluarkan gelombang elektromagnetik agar bisa sampai pada penerima telepon dan sms, bila radiasi gelombang elektromagnetik kecil tidak akan berbahaya, tapi bila besar tentunya akan berbahaya.

Radiasi pada handphone tentu memiliki batasan yang diperbolehkan, ukuran minimun radiasi pada handphone dinyatakan dalam Spesific absorption rate, 1.6 W/Kg adalah ukuran maksimal radiasi yang bisa diterima, semua tergantung pada negara masing – masing berapa nilai maksimal dari radiasi yang bisa diterima tentunya kita harus pilih yang paling rendah.

Tentunya kita tidak tahu kita radiasi itu bentuknya seperti apa dan pastinya kita juga tidak bisa melihat radiasi menghampiri kita berikut adalah ciri – ciri dan akibat dari radiasi handphone :
  1. Sering pusing,bahkan pusing berlebihan setelah berlama – lama memegang handphone atau bermain handphone.
  2. Pemakaian handpone secara intens memberikan efek buruk juga karena radiasi akan langsung mengenai mata kita saat melihat layar handphone, mata akan cepat lelah dan bahkan akan minus dan sakit bila menggunakan hp berlebihan.
  3. Bila tangan anda sering terasa kaku atau bergerak sendiri secara refleks, itu juga dikarenakan radiasi handphone secara berlebih.
  4. Dan yang lebih mengerikan lagi adalah terkenanya kanker pada bagian – bagian organ tubuh karena radiasi elektromagnetik berlenbihan yang membangunkan sel kanker di tubuh kita. Dan akibat – akibatnya masih banyak lagi.
Hal – hal yang harus diperhatikan dan dilakukan agar radiasi handphone tidak menyerang terus menerus adalah sebagai berikut :
  • Kasihlah jeda waktu untuk pemakaian handphone dan segala gadget, misalnya per 2 jam istirahat satu jam tidak pegang gadget.
  • Berusahalah menemukan kegiatan lain agar tidak selalu mengecek gadget atau handphone terus – terusan.
  • Jangan mengantungi handphone di saku baju atau saku celana.
  • Jangan mencharge handphone didekat kita.
  • Usahakanlah untuk terus menjaga jarak dengan handphone disaat senggang.
  • Usahakan memakai perangkat headset saat menelepon, agar mengurangi radiasi dari gelombang elektromagnetik yang terpancar dari handphone bila langsung ditempelkan di telinga.
  • Bila sudah bersiap tidur jauhkanlah handphone dari tubuh anda sejauh mungkin.
  • Bila anda tidak tau tempat lain lagi, coba untuk mematikan handphonenya dan lepas batrenya dengan begitu handphone akan berhenti beroperasi dan tidak memancarkan gelombang elektromagnetik ke tubuh.
Demikian beberapa tips yang bisa saya berikan tentang bahaya radiasi gadget, apapun kesukaan kita dan apapun yang jadi rutinitas kita, seperti main game di gadget, teleponan sama teman berlama – lama, tentunya kita harus tahu apa saja konsekuensinya menggunakan barang elektronik terutama barang elektronik seperti handphon, barang yang selalu dibawa oleh banyak orang , termasuk anak – anak kecil yang belum boleh dan pasti akan mudah terkena radiasi elektromagnetik. ( Ayu Dyan A ) Beda Demam Berdarah dan Penyakit Typus
.