Penyakit Toxoplasma Tidak 100% dari Kucing

Written by on ,
penyakit toxoplasma

Parasit / penyakit Toxoplasma tidak 100% dari kucing. Toxoplasma adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit protozoa yang dinamakan Toxoplasma gondii parasit ini sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan mikroskop dan bentuknya menyerupai bulan sabit ada sedikit lengkungan, bentuknya mempengaruhi arti dari nama toxoplasma yaitu “Toxo” artinya lengkung dan plasma artinya bentuk. Penyebaran toxoplasma ini sering dikaitkan dengan kucing, memang bisa terkena dari hewan tapi yang namanya parasit dia tidak tumbuh sendiri tanpa sebab dibadan kucing tapi karena tertular dari sumber yang lain, hewan lain pun bisa menularkan parasit toxoplasma gondii, apalagi hewan – hewan yang memakan daging mentah seperti cicak, kucing, anjing dan hewan – hewan yang ada disekitar kita bahkan kita pelihara.

Penyebaran toxoplasma terjadi juga pada makanan – makanan yang dimasak sebentar dan makanan mentah contohnya seperti steak yang medium, medium rare, bahkan rare, ada juga di ayam, lalu ikan-ikan mentah, seperti sashimi tentunya makanan yang belum matang akan banyak sekali bakteri, virus dan parasit, jadi tergantung pengolahan, higienis, dan intensitas kita terhadap jenis makanan yang tingkat kematangannya tidak 100% masak, dan makanan yang tidak dicuci dengan bersih bisa saja sudah terkena parasit toxoplasma gondii.

Bahaya parasit Toxoplasma adalah gangguan pada masa reproduksi wanita, dan bila sudah hamil janin yang terbentuk bisa tidak sempurna bahkan keguguran, penurunan daya tahan tubuh, radang paru, hydrocephalus.

Toxoplasma gondii sering sekali dikaitkan dengan hewan kucing, karena memang banyak orang yang suka kucing dan kebetulan mereka terkena parasit toxoplasma padahal tidak ditelusuri sepenuhnya tentang gaya hidup pemelihara kucing tersebut, tapi tidak ada salahnya untuk terus waspada terhadap apapun yang bisa saja terjadi, dan menghapuskan kalau kucing bukanlah pelaku utama penyebaran parasit toxoplasma gondii, berikut tipsnya :
  1. Selalu bersihkan kandang kucing atau hewan peliharan yang lainnya, dan mengganti pasirnya secara berkala, bila sudah ada kotoran kucing langsunglah diganti walaupun baru setengah hari.
  2. Berilah makanan khusus , yang berbentuk biskuit, jangan berikan kucingatau hewan peliharaan lainnya makanan mentah, bila anda melepas hewan dari kandang teruslah temani dan awasi jangan sampai dia memangsa tikus, cicak atau hewan lainnya.
  3. Latihlah kucing atau hewan peliharaan anda untuk buang air di toilet yang sudah disediakan khusus agar mudah dibersihkan.
  4. Selalu mencuci tangan setelah melakukan pekerjaan apaapun, terutama saat anda ingin makan atau minum.
  5. Cucilah makanan, buah dan perabot masak dengan bersih.
  6. Hindari makanan yang tingkat kematangannya tidak 100%, bila terlanjur suka kurangi intensitas dalam mengkonsumsinya.
  7. Bila sedang hamil jangan pernah memakan, makanan yang kurang matang konsumsilah makanan matang, dan jangan terlalu intens dan hindari dulu untuk bermain dengan kucing atau hewan peliharaan yang lainnya, karena daya tahan tubuh pastinya tidak selalu optimal seperti biasanya.
Yang pasti penularan penyakit toxoplasma bukanlah hanya karena kucing dan hewan lainnya, buktinya banyak juga orang yang pelihara kucing banyak tapi tetap punya anak dan sehat itu karena kuncinya Cuma satu yaitu menjaga kebersihan dengan benar dan baik. Mudah-mudahan kita bisa menjaga kebersihan dengan benar agar parasit toxoplasma tidak menjangkit kita dan keluarga. ( Ayu Dyan A ) Bahaya Radiasi Handphone atau Gadget
.