Ajarkan Anak Hidup Hemat Rajin Menabung

Written by on ,
menabung

Saat orang tua mendidik anak, pasti banyak harapan yang mendorong para orang tua untuk selalu mengarahkan anaknya hidup lebih baik dari dirinya sendiri, seperti hemat dan mau menabung sejak dini, tentunya bukan perkara mudah karena kebanyakan pola pikir anak yang masih kecil hanya memikirkan kesenangannya dan tidak berpikir lebih kedepan seperti layaknya orang yang sudah besar, maka dari itu para orang tua harus pandai-pandai memberi nasihat, memberi pengertian dan mendorong anaknya agar hidup hemat serta bisa membiasakannya untuk menabung dan belajar memikirkan untuk memenuhi keinginannya sendiri dengan hasil dari diri sendiri tentunya. 

Ada kisah lucu yang saya lihat saat anak rekan kantor saya datang namanya Raffa, dia melihat ada koin dua ratus rupiah yang letaknya didekat saya, seketika Raffa langsung berbisik pada teman saya, untuk meminta koin didekat saya, ternyata selama ini Raffa memang hanya suka memegang koin daripada uang lembaran, dengan alasan yang sederhana Raffa mau menabung untuk beli apa yang dia inginkan. Contoh yang sangat sederhana memang, karena hanya uang koin yang dia tabung tapi untuk anak berumur 5 tahun itu kemajuan yang pesat.

Ada juga kisah yang saya dengar sendiri dari murid bimbel matematika, dulu waktu saya masih bekerja menjadi pembimbing belajar di Rawalumbu Bekasi, namanya Mahisa, banyak teman – temannya yang jajan sebelum mulai belajar, tapi saya lihat dia tidak ikut jajan dan asik dengan main kesana – kemari sesekali dia melihat terus kearah temannya yang sedang menikmati jajanan, dengan sigap saya menghampiri Mahisa saya pikir dia lupa membawa uang jajan tapi ketika saya tanyakan dia bilang dia tidak pernah diberi uang jajan dan bila ingin membeli sesuatu dia bilang terlebih dahulu kalau dibolehkan dia akan diberikan uang untuk beli yang dia mau tanpa rasa sedih dan kecewa dia bercerita, jadi saya menarik kesimpulan dari kasus Mahisa bahwa orang tuanya berhasil mendidik Mahisa untuk hidup lebih berhemat.

Berikut ini akan saya berikan beberapa cara agar anak mau belajar untuk hidup hemat dan rajin menabung, disimak ya pembaca..
  • Lakukan hal yang anda ingini anak anda lakukan, seperti tidak jajan di tempat umum saat anda berjalan-jalan dan selalu menyisihkan uang koin atau kertas untuk anda tabung, anda harus memberi contoh yang konkret agar anak anda melihat langsung apa yang anda lakukan.
  • Jelaskan dengan perlahan pada anak anda, apa yang anda lakukan sampai anak anda memiliki ketertarikan untuk bertanya dan melihat anda melakukan hal yang sama.
  • Setelah anak anda mulai hafal dan terus memperhatikan, baru anda dekati dan ajak anak anda secara perlahan untuk ikuti kegiatan anda, seperti memasukan koin yang anda berikan ke dalam celengan berbentuk karakter yang anak anda suka.
  • Ajak anak anda untuk menyiapkan bekal seperti minuman dan makanan sebelum anda sekeluarga pergi jalan-jalan, larang dan berikan pengertian saat anak anda meminta jajan ditempat umum, lakukan terus sampai anak terlatih membawa bekal dan terbiasa untuk menghemat uang dengan tidak merengek jajan lagi, kesabaran anda akan diuji sangat ekstra dipoint ini. 
  • Bila anak anda mulai terbiasa dengan tidak merengek meminta jajan serta mau memasukkan uang jajannya sebagian atau sepenuhnya kedalam celengan, anda bisa menambah semangatnya dengan memberikan beberapa penghargaan pada anak anda, seperti memberi stiker bintang yang bisa ia tempel di buku menggambar.
Selamat mencoba ya para pembaca, mudah – mudahan para pembaca senantiasa bisa untuk mendidik anaknya menjadi lebih hemat dan pandai menabung agar dimasa remaja nanti anak bisa lebih berbuat hal yang jauh lebih baik dari ini. ( Ayu Dyan A ) Internet Aman Untuk Anak-anak
.