Inilah tips menghadapi interview yang baik. Mengapa sering gagal test interview ? Dalam mencari pekerjaan bukanlah hal mudah, kesempatan bekerja yang tidak selalu ada membuat para pelamar kerja semakin menumpuk. Tentunya perusahaan akan semakin menaikkan kriteria calon pegawai semakin hari semakin tinggi. Makanya bila ada kesempatan dapat panggilan test dan interview kita harus mempersiapkan semuanya dengan benar dan tidak mengecewakan perusahaan.
Tips Menghadapi Interview yang Baik
Tips menghadapi interview yang baik berikut ini perlu anda ketahui karena salah satu hal yang paling sering menggugurkan para pelamar kerja adalah saat sesi Job Interview. Dalam test ini banyak sekali pelamar kerja yang tidak bisa mengendalikan kegugupannya dan membuatnya gagal untuk mengikuti rangkaian test lainnya, seperti medical check – up sampai tanda tangan kontrak dan bekerja.
Gampang saja untuk pelamar agar bisa diterima bekerja disuatu perusahaan, terutama lolos di test paling menentukan yaitu test interview, terdengar biasa dan gampang – gampang saja bila mendengar mau diwawancara , paling cuma nanya gaji, Cuma nanya kenapa mau kerja disini, apa motivasinya. Memang kurang lebih seperti itu pertanyaannya, tapi kenapa sering gagal??
Berikut ini tips dan alasan kenapa para personalia tidak bisa menerima anda bekerja di perusahaan:
- Gugup, gugup bisa membuat semua yang sudah kita rencanankan, semua persiapan kita, semua yang kita pelajari akan blank.. hilang dipikiran, susah mengatakan. Itu pasti terjadi, caranya anda harus lebih banyak lagi melatih diri. Seperti meminta teman anda untuk mewawancarai anda. Anda bisa tau dimana kelemahan anda saat interview sehingga saat benar – benar mendapat panggilan wawancara, anda sudah lancar dan tidak gugup lagi.
- Pakaian tidak formal dan tidak rapi, ini hal yang paling tidak bisa ditoleransi, saat wawancara kita tidak dituntut memakai pakaian mahal, baju baru atau celana baru. Cukup merapihkan saja pakaian kita karena pakaian yang rapi bisa mencerminkan pribadi yang rapi pula, itu point penting bagi personalia melihat kelebihan anda.
- Berkata sopan, jangan SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) , para personalia yang bersikap luwes dan menebar senyum dengan anda, bukan berarti menyuruh anda untuk bersikap lebih ramah atau terlalu ramah sampai sok dekat dan sok akrab, kita boleh menebar senyum, sedikit bercanda, tapi bukan sok kenal dan dekat yah. Bagaimanapun tata bahasa dan tata sikap adalah hal penting dalam mempromosikan diri di test interview.
- Tidak menjaga emosi, saat personalia mewawancarai anda, mereka pasti bertanya kenapa anda pindah dari pekerjaan anda yang dulu dan melamar ke perusahaan lain, jangan pernah anda menjelek – jelekan perusahaan ditempat yang dulu, para personalia pasti akan meng – cut anda karena itu perilaku yang sangat tidak sopan. Cobalah jawab dengan benar – benar alasan yang masuk akal. Tanpa menjelek – jelekan perusahaan lama dan tanpa berbohong.
Demikian kurang lebih ulasan kenapa banyak pelamar kerja yang sering gagal test interview. Yang pasti saat kita wawancara kuncinya adalah tetap tenang. Wawancara kerja itu bukan seperti kita diinterogasi, tapi kesempatan emas untuk kita mempromosikan diri secara lebih intens. Makanya perlu sekali untuk tata bahasa, penampilan dan sikap sebaik mungkin serta antusiasme. Kemasan yang bagus pasti akan mendapatkan harga bagus. Dan hal paling penting dari itu semua adalah berdoa, rezeki itu bukan cuma ikhtiar, tapi harus berdoa agar dimudahkan terus apa yang kita tuju . Jangan menyerah para pencari kerja, rejeki itu sudah pasti, maka jemputlah dengan semangat dan praktekkan tips menghadapi interview yang baik ini. ( Ayu Dyan A ) Penyakit Lupa di Usia Muda