Tips Membedakan Bakso Daging Babi dan Sapi

Written by on ,
bakso daging

Tips membedakan bakso daging celeng dengan bakso daging sapi penting gak sih buat pembaca?.... Saya yakin penting banget. Siapa sih yang gak kenal bakso, makanan olahan yang terbuat dari daging sapi ini menjadi makanan favorit hampir semua orang, teksturnya yang sedikit garing dan empuk ini membuat penggemarnya gak bisa pindah kelain hati.. saya saja lebih memilih makan bakso daripada olahan daging sapi lainnya, tapi kesukaan kita terhadap baso harus diimbangi dengan pengetahuan kita akan bakso yang kita nikmati bahkan kita favoritkan, karena apa? Karena banyak oknum yang menghalalkan segala cara untuk membuat bakso laku dan menekan ongkos produksi dengan melakukan tindakan curang, seperti mengganti bahan dasar bakso sapi, yang seharusnya dari daging sapi diganti dengan daging celeng ( daging babi ).

Prihatin memang mengetahui kecurangan yang berlangsung bukan hanya sekarang – sekarang ini, tapi sebagian oknum yang ketahuan ternyata sudah menjalanai bisnis curang ini bertahun – tahun lamanya tanpa ada control dari pihak berwajib atau kita. Oknum – oknum yang masih bebas dan melenggang menjajakan baso dengan kecurangan seperti ini akan semakin leluasa, dan kita yang kena apesnya memakan olahan yang tidak dianjurkan agama islam, serta kandungan daging babi yang berbahaya seperti cacing pita. 


Tips Membedakan Bakso Babi dan Sapi

Bagaimana cara kita mengkonsumsi bakso segar dari daging sapi halal, dengan bakso yang berbahan dasar daging celeng (daging babi), serta ulah nakal oknum penjual yang sengaja tidak menambahkan daging celeng, tapi minyak babi, berikut tipsnya:
  1. Yang perlu kita ketahui adalah, daging sapi masuk dengan golongan kategori daging merah, sedangkan babi termasuk golongan daging putih. 
  2. Cium aromanya , daging celeng sebagian tubuhnya adalah lemak yang melimpah, makanya aroma dari lemak daging akan sangat tercium dan tajam sekali aromanya dibanding daging sapi yang lemaknya tidak terlalu banyak seperti celeng.
  3. Warnanya, coba untuk membelah satu bakso dan lihat dalam dagingnya, bila terlalu pucat ini sangat memungkinkan berbahan dasar daging celeng.
  4. Penampilan, lihat dulu luarnya kalau ada minyak berlebih di daging bakso kemungkinan besar tidak hanya daging celeng yang terkandung, tapi minyak babi pun terkandung didalamnya.
  5. Teksturnya, bakso daging celeng tidak kasar seperti daging sapi , tekstur daging celeng sangat lembut dan tidak terkandung urat didalam baksonya. 
  6. Ukuran bakso dan harga tidak masuk akal, secara logika daging sapi dari tahun ke tahun semakin tinggi, para penjual bakso tentunya akan mencari banyak solusi untuk tidak rugi dengan menaikan harga jual, bukan menurunkan harga jual sampai tidak masuk kedalam hitungan berbisnis kuliner yang benar, dan seharusnya ukuran bakso juga jadi pertimbangan para penjual, semakin besar ukuran bakso tentunya akan diikuti dengan harga yang semakin tinggi, tapi bila terbalik maka anda wajib waspada, karena daging celeng sangatlah murah dan jauh dari harga daging sapi segar dan halal. Tapi ada juga para penjual yang menekan ongkos produksi dengan menambahkan lebih banyak tepung di adonan bakso, ini bisa dideteksi dengan tekstur baso yang terlalu kenyal serta aroma tepung yang kuat. 
membedakan bakso daging babi dan sapi
Demikian tips membedakan mana bakso dari daging sapi dan mana bakso yang meggunakan daging celeng ( daging babi), semoga kita bisa lebih cermat lagi dalam memilih makanan yang sehat dan halal, karena semua yang masuk kedalam tubuh kita ada dalam control diri kita sendiri. ( Ayu Dyan A ) Infused water minuman kesehatan yang sedang trend
.