Tips Waspada Bepergian Pakai Angkutan Umum

Written by on ,
waspada bepergian

Tips untuk waspada bepergian menggunakan angkutan umum. Pembaca.. sering kita dengar dan lihat banyak terjadi tindak kejahatan yang mengancam kita bahkan sebagian lagi kita alami, saya adalah salah satu orang yang pernah mengalami tindakan kriminal didalam angkutan umum, kurang lebih 5 tahun yang lalu saat pulang dari mengerjakan tugas kelompok di rumah teman yang berada di Cimanggis, Depok. 

Saat itu saya pulang bersama teman saya yang juga perempuan, kami pilih mikrolet ,sebenarnya memang suasana didalam mikrolet sepi belum ada penumpang, dengan agak tergesa kami tetap memutuskan naik, mengingat hari semakin sore menjelang malam, selama perjalanan banyak penumpang yang naik, kami merasa tenang, namun sebelum Sawangan Depok, para penumpang satu per satu turun, kemudian supir berhenti sebentar saat sampai di Sawangan Depok untuk mencari penumpang baru, datanglah 3 orang lelaki dan satu perempuan, melihat penumpang sudah memenuhi sebagian mikrolet, supir memutuskan untuk melanjutkan perjalanan, tidak ada yang aneh beberapa saat, tapi tiba – tiba salah satu bapak berkemeja mendekati tempat duduk saya, dan pria yang kedua duduk dekat pintu disamping perempuan itu, serta pria yang ketiga yang kebetulan membawa map duduk mendekati perempuan yang sama, mereka seperti mengapit , saya mulai merasa aneh begitupun dengan teman saya yang memberi kode untuk berhati – hati dengan isyarat bibir, saya mengangguk.

Beberapa saat kemudian teman saya turun.saya semakin panik saat mikrolet melaju semakin kencang, pria berkemeja yang duduk ditengah saya menjatuhkan beberapa buah koin sontak kami (sang perempuan dan saya) melihat koin yang berjatuhan, tapi karena supir yang agak ugal – ugalan saya mengalihkan pandangan saya, tiba – tiba saya melihat pria kedua dan ketiga merogoh saku celana sang perempuan yang masih tak sadar dirinya mau dicopet itu, rasanya saya ingin berteriak tapi bibir saya terasa kelu, pria berkemeja itu mendekati saya semakin keujung bangku mikrolet rasanya benar – benar tidak nyaman dan susah sekali untuk berteriak, saya yang sudah pasrah mengeluarkan handphone saya dari saku, handphone saya yang memang bisa dikatakan sudah tidak bagus lagi, keypadnya pun sudah ada yang copot dan lcdnya sudah tergores, pria itu menjauh dari saya, setelah itu saya sedikit lega karena tidak jadi dicopet, lega saya semakin bertambah ketika mendengar “Kiri bang” perempuan itu akhirnya turun sebelum harta bendanya dirampas. 

Ketiga pencopet itu tidak dapat apa – apa sampai mereka turun di terminal cibinong. Dan saya alhamdulilah selamat samapai akhir perjalanan sedikit ada penyesalan kenapa saya begitu mudah untuk panik sehingga tidak bisa mencegah tindakan kriminalitas yang baru terjadi pada saya dan penumpang yang lain. 


Dari kisah saya diatas tentunya para pembaca yang ingin bepergian apalagi menggunakan angkutan umum harus lebih waspada dan berhati – hati, berikut tips aman dalam perjalanan yang akan saya share dengan pembaca :

  1. Selalu berdoa terlebih dahulu, kemanapun anda pergi keluar rumah mintalah perlindungan pada Allah SWT , Insya Allah kita akan dilindungi dan dijaga Allah.
  2. Selalu fokus dalam perjalanan, jangan menampakkan wajah bingung atau takut dan jangan melamun .
  3. Tetaplah terjaga dalam perjalanan, jangan sampai anda tertidur didalam angkutan umum.
  4. Melakukan kegiatan yang menambah fokus anda, seperti membaca buku.
  5. Carilah tempat duduk yang dekat dengan pengemudi angkutan umum.
  6. Bila ada yang mencurigakan, bergeraklah menjauh sebisa anda.
  7. Letakkan barang berharga anda di bagian tas yang paling dalam, dan dekap tas anda sepanjang perjalanan.
  8. Bila anda terlanjur mengalami tindakan kriminalitas seperti saya tadi, jangan ragu untuk mencegah dan meminta tolong.
tips waspada
Demikian tips yang saya share pada pembaca, besar harapan saya agar tidak ada lagi korban akibat tindakan kriminal di angkutan umum atau dimanapun kita berada. ( Ayu Dyan A ) Cara Membedakan Bakso Babi dan Bakso Sapi
.