Manfaat Kopi dan Bahaya Kopi

Written by on ,
manfaat kopi

Manfaat kopi dan bahaya kopi. Kopi, sebagian dari kita mengenalnya sebagai minuman hangat dengan warna hitam pekat dan juga ampas yang tersisa di dasar gelasnya. Kopi ini terbuat dari olahan biji kopi yang telah dikeringkan, baik dengan dijemur secara tradisioal maupun di panaskan secara nodern menggunakan oven. Kemudian ditumbuk hingga halus dan diseduh menggunakan gula serta air panas. 

Manfaat Kopi

Manfaat kopi, sebagian orang meminum kopi karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan mereka begadang atau melek sampai pagi. Kabarnya kopi dapat dimanfaatkan agar mata tetap terjaga berkat kandungan caffeine nya. Jika dikonsumsi beberapa minggu sekali pada anak, kopi akan memiliki efek yang positif. 

Bahaya Kopi

Bahaya kopi bisa terjadi jika diminum secara berlebihan dan dalam waktu yang berkepanjangan. Efek caffeine sangat tidak bagus untuk kesehatan. Selain dapat menimbulkan penyakit jantung, kanker, dan batu empedu, kopi dengan kandungan banyak gula memicu timbulnya diabetes.

Di zaman yang sudah modern ini, kopi tak hanya berwarna hitam pekat ataupun hanya dicampur menggunakan gula. Cappucino, susu, dan latte adalah sedikit dari bahan yang biasa di campurkan ke dalam kopi. Olahan kopi bertajuk white coffee atau kopi putih pun telah tersedia. Tampilannya juga menjadi semakin menarik dengan berbagai buih yang menghiasi bagian atas kopi seduh. Misalnya saja berbentuk mawar, hati atau daun. Umumnya, orang yang bertugas mengkreasikan kopi disebut dengan barista.

Tak hanya laki - laki yang menjalankan profesi ini, barista perempuan juga telah banyak dijumpai di berbagai café kopi diseluruh dunia. Sedangkan di berbagai daerah, kopi memiliki ciri khas masing – masing. Baik dari bentuk buah, aroma, rasa, maupun cara pengolahan kopi. Berbagai metode dikembangkan para barista untuk membuat kopi dengan tampilan modern, tetapi masih memiliki ciri khas aroma serta rasa kopi tradisional. 
bahaya kopi
kopi kesukaanku
Tanah dimana buah kopi tumbuh, juga sangat mempengaruhi rasa kopi. Tak hanya itu, suhu satu derajat yang beda di pengolahan kopi membuat kopi memiliki rasa yang berbeda. Dimana memiliki beda, baik takaran, aroma maupun rasa, maka sebutannya pun berbeda. Kita sebut saja beberapa yang telah familiar di dunia misalnya coffeelatte atau cappuccino. Meskipun terlihat sama tapi kopi ini berbeda. Dari penyajiannya ataupun dari khas rasanya. Kopi yang dibuat secara tradisional sendiri, memiliki ciri khas bau dan rasa yang nikmat. Tergantung bagaimana selera anda. Tak hanya dijual di café – café seluruh dunia, dalam bentuk yang instant pun kopi bisa dinikmati tanpa ribet hanya dalam lima menit, tanpa mengurangi rasanya. Keren..  Itulah manfaat kopi, bahaya kopi dan sekilas info mengenainya. ( Cengkeh Kuncup ) HIV AIDS di Indonesia Jawa Timur adalah Terbanyak Kedua
.