Kata Motivasi dan Kisah Motivasi Hormon Auksin

Written by on ,
kisah motivasi
Kisah motivasi atau kata motivasi kali ini terinspirasi dari hormon auksin dan hormon asam absisat. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman dipengaruhi oleh faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internalnya ada gen dan hormon. Nah,kali ini kita akan membahas tentang hormon auksin dan hormon asam absisat. 

Hormon auksin memiliki banyak fungsi salah satu diantaranya adalah memacu pertumbuhan buah. Sedangkan hormon asam absisat akan memacu pengguguran buah. Kedua hormon tersebut memang memiliki fungsi yang berbeda bahkan saling bertentangan satu sama lain. Namun kedua hormon tersebut saling melengkapi satu sama lain. Coba kita bayangkan apabila dalam tanaman hanya terdapat hormon auksin namun tak terdapat hormon asam absisat. Maka akan menyebabkan buah akan terus tumbuh secara pesat tanpa ada satupun buah yang jatuh. Hal ini akan memunculkan 2 kemungkinan. Kemungkinan pertama apabila ranting pohonnya rapuh maka ranting pohon akan patah karena tidak mampu menahan buah yang terlalu banyak dan berat. Sedangkan kemungkinan kedua ranting pohon sangat kuat sehingga rantingnya tidak patah, namun buah akan membusuk di ranting karena tidak ada yang memetik buah yang sudah matang. 

Sekarang coba kita bayangkan apabila di dalam tanaman hanya terdapat hormon asam absisat namun tidak terdapat hormon auksin. Maka sekali buah gugur ke tanah maka pohon tidak akan bisa menghasilkan buah lagi karena di pohon tidak terdapat hormon auksin yang dapat memacu pertumbuhan buah. Sehingga pohon menjadi tidak produktif dan para petani pun akan mengalami kerugian karena mereka tidak dapat memanen buah dari pohon yang mereka tanam. 

Begitu pula dalam kehidupan kita sehari hari. Seringkali kita menemukan banyak perbedaan diantara kita bahkan perbedaan tersebut saling bertolak belakang satu sama lain. Seringkali perbedaan tersebut menimbulkan banyak konflik karena setiap orang hanya menonjolkan diri sendiri tanpa pernah belajar menghargai perbedaan yang dimilik oleh orang lain. Sehingga muncullah sikap saling mencela atau bahkan saling memfitnah satu sama lain, tentu saja hal ini akan merugikan diri sendiri maupun orang lain. Padahal kita diciptakan dengan berbagai perbedaan agar kita bisa saling menghargai,melengkapi dan saling tolong menolon satu sama lain. 

Coba kita bayangkan jika semua manusia diciptakan sama laki-laki semua atau perempuan semua maka tak akan terjadi pertumbuhan penduduk sehingga semakin lama manusia akan mengalami kepunahan. Sekarang coba kita bayangkan seandainya semua orang di muka bumi sama-sama memiliki karakter pendiam maka bumi akan terasa sangat sepi seperti planet tak berpenghuni. Atau kita juga bisa membayangkan seandainya semua orang yang ada di muka bumi adalah memiliki karakter banyak bicara maka bumi akan terasa sangat ramai sekali sehingga banyak orang yang sulit tidur karena terganggu oleh suara keramaian disekitar mereka. 

Nah,sekarang kita sudah tahu kan kalau semua orang memilik karakter sama maka tak akan terjadi keseimbangan dalam kehidupan di muka bumi. Sekarang coba kita renungkan tentang manfaat adanya perbedaan. Kita semua pasti tahu tentang Bung Karno dan Bung Hatta. Mereka adalah pemimpin hebat yang pernah memimpin Indonesia. Bung Karno memiliki karakter ekstrovert dan pandai berpidato di depan rakyatnya. Sedangkan Bung Hatta memiliki karakter pendiam dan pemikir yang hebat. Meskipun karakter mereka berbeda namun mereka mampu bergabung menjadi pemimpin negeri yang hebat dan dikagumi oleh rakyatnya. Jadi kesimpulannya sebagai kata motivasi adalah jangan menjadikan perbedaan sebagai alat untuk saling menjatuhkan satu sama lain. Tapi jadikanlah sebuah perbedaan sebagai alat untuk saling bekerja sama,saling melengkapi sekaligus saling menguntungkan satu sama lain. ( Roni Kedua ) Kata Motivasi Bisnis dari Kecambah
.