Akibat Kurang Minum Air Bagi Kesehatan

Written by on ,
akibat kurang minum air
Dampak akibat negatif kekurangan air putih. Air putih merupakan penyusun terpenting dalam tubuh kita. Karena sebagian besar tubuh kita tersusun dari air. Sehingga seluruh sel sel tubuh kita sangat membutuhkan air untuk bermetabolisme. Namun,seringkali kesibukan kita dalam bekerja membuat kita tidak sempat minum air putih secara cukup sehingga dapat menyebabkan kita terkena dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. 

Ada beberapa dampak negative akibat kekurangan air putih: 

Menjadi pelupa Kekurangan air putih menyebabkan otak kekurangan cairan dan asupan oksigen yang mengalir ke otak pun juga akan menurun drastic. Padahal otak sangat membutuhkan oksigen untuk dapat berpikir. Apabila otak kekurangan oksigen maka otak akan menjadi pelupa. Tentu saja penyakit pelupa akan sangat merugikan diri kita sendiri, contoh apabila kita sampai lupa meletakkan barang berharga yang kita miliki. 

Selain itu kekurangan air putih juga dapat menyebabkan kita menjadi kesulitan untuk konsentrasi. Bahaya lagi jika kita kesulitan untuk konsentrasi disaat kita mengerjakan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Contoh bahayanya lagi apabila kita sulit konsentrasi ketika kita sedang menyeberang jalan raya. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Kurang minum air putih menyebabkan pencernaan kurang lancar. Pencernaan kita membutuhkan banyak cairan untuk dapat mencerna makanan menjadi bentuk cair yang lebih mudah dicerna oleh usus kita. Apabila kita kekurangan minum air maka makanan yang kita makan akan menjadi makanan yang kering dan agak keras. Sehingga usus kita harus bekerja lebih keras untuk mencerna makanan tersebut. Hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya sembelit.

Kurang air bikin kulit menjadi kusam. Pembuluh darah kapiler sangat membutuhkan air agar dapat menjaga warna kulit tetap terlihat segar. Apabila kita kekurangan minum air putih maka pembuluh kapiler akan mengalami kekurangan asupan air. Sehingga warna kulit terlihat kusam.

Kurang minum air bikin mudah mengantuk Seperti yang saya katakan di awal tadi kalau otak sangat membutuhkan air agar asupan oksigen yang mengalir ke otak dapat tercukupi secara maksimal. Sedangkan saat kita kekurangan minum air putih maka otak kita akan mudah lelah dan sulit berpikir. Apabila otak kita sudah lelah maka secara otomatis otak akan mengirimkan sinyal sinyal rasa mengantuk ke dalam tubuh kita sehingga kita pun akan menjadi mudah mengantuk. Tentu saja gejala mudah mengantuk akan sangat merugikan kita. Apalagi kalau kita mengantuk ketika kita sedang mengendarai kendaraan. Hal ini dapat menyebabkan tyerjadinya sebuah kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa.

Kurang air bisa terkena batu ginjal. Ginjal termasuk salah satu organ ekresi yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia. Karena ginjal yang menjaga keseimbangan air di dalam tubuh, menjaga asam basa tubuh dan membuat urine yang akan dikeluarkan dari tubuh manusia. Apabila kita kekurangan minum air putih maka akan menyebabkan ginjal kita tidak dapat bekerja secara maksimal. Sehingga kita bisa terkena penyakit batu ginjal.
akibat kurang minum
air badeg kelapa untuk bikin gula jawa, enak diminum loh.
Nah,sekarang kita sudah tahu tentang bahaya yang ditimbulkan oleh kekurangan minum air putih. Oleh karena itu mari kita mencukupi kebutuhan air putih dengan cara minum air putih minimal 8 gelas sehari. Sehingga kebutuhan cairan tubuh kita dapat terpenuhi dan kita pun akan menikmati hidup yang sehat dan menyenangkan. ( Roni Kedua ) Manfaat Minum Air Putih
.