Internet Aman Untuk Anak-anak

Written by on ,
internet aman untuk anak-anak

Seperti apa internet aman untuk anak-anak ? Beberapa orang masih secara berlebihan mengkhawatirkan bahaya internet bagi anak-anak karena mengandung banyak hal yang tidak cocok bagi anak anak. Padahal tidak sedikit juga isi internet yang bermanfaat bagi mereka dan terdapat banyak kemudahan-kemudahan didalamnya. Kita bisa mengetahui banyak hal lewat internet, berkomunikasi dengan mudah dan juga menjadi sarana huburan serta masih banyak manfaat lainnya. 

Di satu sisi internet memang memberikan keuntungan yang luar biasa pada kita, tapi disisi lain kita juga berkali-kali mendengar kasus kasus kejahatan yang bermula dari internet. Ada penipuan, penculikan dan lain lain. Haruskah kita benar benar cemas dengan hal itu? Tentu tidak!! Tanpa harus merasa cemas atau takut secara berlebihan, dalam penggunaan internet kita tetaplah harus waspada terutama bagi anak-anak. 


Cara Agar Internet Aman Untuk Anak-anak

Ingatlah selalu kalau dunia internet sangat berbeda dengan dunia nyata di kehidupan sehari hari, untuk itu tetaplah dampingi anak - anak dalam berinternet dan cek secara berkala apa yang dibuka mereka lewat histori yang ada di menu browser. Yang terpenting perlu diingatkan pada anak anak dan mungkin juga diri kita bahwa : 
  • Orang di internet bisa jadi tidak seperti aslinya, orang yang mengaku berusia 14 tahun bisa saja berumur 40 tahun. 
  • Segala hal yang dibaca di internet belum tentu benar, apalagi jika ada tawaran yang sangat indah yang tak lazim. Ini patut diwaspadai. 
  • Setiap pesan yang diterima lewat email, chatting, forum interaktif tidak harus ditanggapi semuanya. Pilahlah yang baik dan dari orang-orang yang dikenal. Ini juga bisa meminimalisir masuknya virus ke akun kita. Jika menerima pesan yang nadanya mengancam, menantang atau membuat merasa tidak nyaman tidak perlu dibalas atau ditanggapi. 
Pada anak-anak, anda harus mendampingi dan memberikan aturan pada mereka dalam berinternet. Diantara yang perlu diingatkan dan ditekankan adalah : 
  1. Anak-anak harus memberi tahu situs / web yang biasa mereka buka dan kunjungi.
  2. Anak-anak tidak boleh bertemu muka atau janjian dengan orang yang ia kenal lewat internet tanpa izin atau dampingan orang tua.
  3. Anak anak tidak diperbolehkan mempublikasikan identitas pribadi seperti alamat rumah, no hp / telepon, umur, nama ataupun alamat sekolah. Ini untuk menjaga jaga dari hal yang tidak diinginkan. 
internet aman untuk anak
Dari semua hal-hal tersebut agar internet aman untuk anak-anak adalah berikan contoh yang baik dalam berinternet. Untuk kebaikan bagi semua keluarga, sebaiknya non-aktifkan fitur-fitur yang tidak layak untuk anak-anak yang pengaturannya sudah ada dalam browser. ( Mun's Fadh ) Cara Membuat Akta Kelahiran Anak
.