Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Itu Penting

Written by on ,
pendidikan anak usia dini

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sangat penting untuk masa kembang balita, yaitu antara umur dua hingga empat tahun merupakan masa keemasan. Dimana di usia tersebut, rasa ingin tahu anak mencapai puncaknya. Anak – anak cenderung memperhatikan segala hal yang dilakukan, diucapkan, dan kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang tua dan juga saudara – saudara mereka.

Untuk itu sebaiknya bagi anda yang memiliki anak balita,, sebaiknya menjaga perilaku dan ucapan agar anak meniru hal – hal baik yang anda lakukan. Sedangkan dalam system pendidikan formal modern, pendidikan anak usia dini (PAUD) sering disebut juga sebagai Playgrup. Pendidikan ini adalah pendidikan dasar sebelum anak melanjutkan sekolah ke Taman Kanak – kanak (TK). 

Tetapi pada realitasnya, untuk memasuki sekolah PAUD / Playgroup membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Itu adalah salah satu alasan yang membuat masyarakat dengan ekonomi menengah memilih tidak memberikan pendidikan usia dini tersebut. Sebagai sebuah solusi utama, pemerintah sendiri telah membangun berbagai instansi pemerintahan dan organisasi untuk mendukung program pendidikan dini ini. 

Dengan berbagai anggaran yang diusahakan pihak pengelola, masyarakat tidak perlu membayar biaya sekolah PAUD ini dengan mahal. Bahkan anak pun telah diberi buku dan alat tulis dari instansi ini. Salah satu organisasi yang turut bergerak dan aktif dalam bidang ini adalah Rumah Pintar. Di berbagai daerah di kota – kota besar, Rumah Pintar telah didirikan untuk menambah kreatifitas anak – anak. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap seminggu sekali inipun, mendapat sambutan yang hangat dari masyarakat sekitar. 

Mulai dari mengenah huruf, angka, belajar membuat karya dari berbagai barang bekas, dan berbagai lomba diadakan guna menambah minat masyarakat agar menyadari pentingnya pendidikan anak usia dini untuk para balita agar:
  • Menambah Kreatifitas anak 
  • Mempelajari benda, angka, dan huruf. Meski hanya pengenalan dan tidak semua hal bisa mereka hafal, setidaknya saat mempelajari hal – hal tersebut lebih lanjut di Taman Kanak – kanak mereka tidak merasa terkejut dengan materi – materi tersebut. 
  • Anak – anak bisa belajar untuk berinteraksi dengan teman – temannya yang lain. Mereka diajarkan untuk saling membantu dan bekerja sama baik sebagai team ataupun sebagai teman secara individu.
pendidikan anak usia 4 tahun
Tiga hal diatas hanya sedikit dari kelebihan jika anak – anak balita mendapatkan pendidikan anak usia dini. Sebelum melanjutkan pembelajaran ke tahap seanjutnya di Taman Kanak – kanak. Selain pendidikan dasar usia dini tersebut dapat dilakukan oleh instansi atau lembaga pemerintahan, anda sebagai orang tua dapat memberikan pendidikan tambahan untuk anak – anak anda di rumah. Dengan berbagai tutorial yang berada di internet. Memudahkan anda untuk melakukan segalanya lebih mudah. ( Cengkeh Kuncup ). Internet Aman Untuk Anak-anak
.