Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata

Written by on ,
cara menjaga kesehatan mata

Ini dia cara menjaga kesehatan mata. Mata merupakan anugerah terindah dan sangat berharga yang di berikan oleh tuhan kepada kita secara gratis. Kita hanya bertugas menjaga anugerah tersebut dengan cara menjaga kesehatan. Seringkali tanpa kita sadari kita telah melakukan hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan mata kita. 


Hal-hal yang dapat mengganggu kesehatan mata sekaligus cara menjaga kesehatan mata.


Membaca buku sambil berbaring. Jarak mata yang terlalu dekat dengan mata dapat menyebabkan gangguan pada mata.

Cara sehat: Membaca buku sambil duduk Agar fokus lensa mata kita terhadap tulisan di buku tidak terlalu dekat maka kita dapat melakukannya dengan cara membaca buku sambil duduk di kursi. Sehingga kesehatan mata kita pun dapat terjaga.

Sering menatap layar komputer. Saat seseorang sedang bermain game online maka seseorang tidak akan merasa lelah menatap layar komputer selama berjam jam. Padahal tanpa kita sadari cahaya terang dan radiasi yang ditimbulkan oleh komputer kurang baik untuk kesehatan mata kita.

Cara sehat: Menggunakan komputer seperlunya Kita memang sangat memerlukan komputer untuk mengerjakan pekerjaan maupun tugas tugas kuliah kita. Namun, alangkah lebih baiknya jika kita menggunakan komputer hanya jika kita benar-benar memerlukannya saja. Apabila kita bisa mengerjakan tugas tanpa memerlukan browsing dan mengetik maka alangkah lebih baik jika kita mengerjakannya di selembar kertas. Sehingga mata kita tidak terlalu lama menatap komputer. Dan secara otomatis kesehatan mata kita akan terjaga.

Kekurangan vitamin A. Vitamin A merupakan vitamin yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan mata kita. Sebaiknya kita mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel. Sehingga dapat kebutuhan vitamin A dapat tercukupi dan kesehatan mata pun dapat terjaga.

Terlalu banyak begadang. Biasanya ketika seseorang sedang memilik tugas yang menumpuk maka seseorang akan begadang sampai malam hari untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Padahal terlalu sering begadang dapat menyebabkan mata menjadi memerah.

Cara sehat: Tidur yang cukup Seperti yang telah kita ketahui bahwa terlalu banyak begadang dapat menyebabkan mata menjadi merah dan dapat mengganggu kesehatan mata kita. Maka kita perlu mengurangi kebiasaan begadang yang sering kita lakukan. Apabila kita memiliki pekerjaan menumpuk yang harus segera di selesaikan maka alangkah baiknya apabila kita beristirahat sebentar ketika mata kita sudah mulai lelah. Nah,setelah istirahat yang cukup maka mata kita akan menjadi fresh kembali. Dan kita dapat melanjutkan lagi pekerjaan kita sampai selesai.

Melihat sesuatu yang terlalu jauh atau terlalu dekat. Misal, seorang pelaut sering melihat tempat yang terlalu jauh,sehingga mereka agak sulit untuk melihat tempat yang dekat. Sedangkan seorang pegawai sering menatap layar computer yang terlalu dekat dengan mata sehingga terkadang mereka agak kesulitan untuk melihat sesuatu yang jaraknya cukup jauh.

Cara sehat: Menyeimbangkan jarak penglihatan kita Apabila biasanya kita terlalu sering melihat sesuatu yang jaraknya jauh dari mata kita maka cobalah untuk menyempatkan diri melihat sesuatu yang jaraknya dekat dengan mata kita. Misalnya melihat tanaman yang ada disekitar rumah kita. Dan apabila biasanya kita sering melihat sesuatu yang jaraknya sangat dekat dengan mata kita maka cobalah untuk menyempatkan untuk melihat sesuatu yang letaknya jauh dari mata kita. Misalnya berdiri di tepi pantai untuk melihat perahu yang berada di tengah lautan. Nah,dengan menyeimbangkan jarak penglihatan kita maka kita tetap dapat melihat benda dari jarak jauh maupun jarak dekat.
bagaimana cara menjaga kesehatan mata
Itulah bagaimana cara menjaga kesehatan mata. ( Roni Kedua ) Akibat kurang minum air bagi kesehatan
.