Tips Liburan Menyenangkan dan Hemat

Written by on ,
tips liburan

Baca dulu tips liburan menyenangkan dan hemat sebelum pembaca berangkat ya.. Ketika hari libur atau wekend, hal yang tentunya paling mengasyikkan adalah pergi liburan ketempat tempat wisata. Kemanapun perginya haruslah menyenangkan dan berkesan. 

Tips Liburan Menyenangkan dan Hemat

Supaya liburan kita berjalan lancar dan menyenangkan, ingatlah untuk melakukan beberapa tips liburan menyenangkan seperti di bawah ini : 


Pergi liburan ke tempat wisata yang belum pernah kita kunjungi

Kunjungilah tempat-tempat wusata yang sangat berbeda dari suasana yang kita alami sehari hari. Misalnya kalau kita tinggal di kota, kita bisa pergi ke daerah pegunungan, kalau kita tinggal di desa bisa kunjungi tempat-tempat ramai di kota. Akan lebih baik pergi ke tempat yang belum pernah kita kunjungi. Kita bisa dapat pengetahuan dan pengalaman baru.


Lihat cuaca di sekitar sebeum berangkat liburan

Lihatlah cuaca atau ramalan cuaca sebelum kita pergi. Kalau ada tanda-tanda turun hujan lebih baik pergi ke tempat wisata yang tidak terlalu terbuka. Kita tentu tidak mau ketika asyik bermain di pantai, tiba-tiba hujan turun. Jadi gak bisa main-main deh. 

Pakai baju yang nyaman
Sesuaikan baju dengan tempat wisata yang ingin dikunjungi. Kalau berwisata ke pegunungan jangan lupa memakai jaket. Kalau ke pantai jangan lupa bawa sandal jepit dan baju yang tidak terlalu tebal. Pokoknya jangan sampai pakaian yang kita pakai membatasi gerak kita dan membuat tidak nyaman.
Jangan lupa bawa baju ganti untuk berjaga-jaga.

Membawa Obat-obatan
Ini penting sekali, meskipun tidak ada hal buruk yang kita inginkan untuk terjadi. Namun tidak ada salahnya berjaga-jaga. Bawalah selalu obat merah, perban, plester, minyak telon serta obat-obatan lainnya yang biasa kita butuhkan.

Bawa Makanan dan minum dari rumah agar hemat
Harga makanan dan minuman di tempat wisata biasanya naik sampai dua kali lipat. Jadi lebih baik membawa makanan dan minuman dari rumah. Lebih murah dan lebih terjamin kebersihannya. Tapi ini sih relatif sesuai dengan kesukaan masing-masing. Bisa jadi Pembaca termasuk tipe orang yang suka jajan, he he..

Jangan mengulur waktu
Bila dalam sehari ingin berkunjung ke lebih dari satu tempat wisata sebaiknya jangan mengulur waktu. Berangkatlah lebih pagi dengan begitu bisa terhindar dari macet di jalan dan kita bisa menghabiskan banyak waktu di tempat wisata.
Jangan sampai juga keenakan di tempat wisata sehingga lupa waktu. Perencanaan waktu sangatlah penting.

Hati-hati dengan orang jahat yang pura-pura santai ditempat liburan
Kejahatan selalu ada dimana-mana, tak terkecuali di tempat wisata. Hati-hati dengan copet, simpan barang berharga dengan baik. Jangan kenakan perhiasan atau barang berharga yang berlebihan. Itu akan mengundang penjahat untuk mendekat.


Pilih Cenderamata atau oleh-oleh khas
Setiap tempat wisata selalu ada pertokoan yang menjual cendramata atau oleh-oleh. Tetapi banyak cendramata atau oleh-oleh yang bisa ditemukan di tempat liburan lain, maka pilihlah cenderamata yang khas yang tidak dipunyai tempat lain. 
tips liburan menyenangkan
Demikianlah tips liburan menyenangkan dan hemat yang bisa saya infokan. Jika ingin menambahkan tips silakan dicore-coret di kolom komentar. ( Penulis: Munasyaroh F ) Intip juga Perpustakaan Buku Kota Surabaya
.