Cara Membuat Email Untuk Melamar Pekerjaan

Written by on ,
cara membuat email untuk melamar pekerjaan

Cara membuat email untuk melamar pekerjaan . Semakin maju perkembangan jaman, teknologi pun semakin canggih. Termasuk juga dengan melamar pekerjaan, tak jarang sekarang banyak perusahaan-perusahaan yang tidak mau menerima lamaran berupa map yang dikirim ke perusahaan, melainkan melalui e-mail atau melakukan lamaran via online. Tentu saja hal ini sedikit menyulitkan bagi orang-orang yang awam akan teknologi, terkecuali orang-orang yang sudah paham dan mengerti melamar pekerjaan dengan metode seperti ini malah dianggap lebih mudah dan simpel. 

Cara Membuat Email Untuk Melamar Pekerjaan

Saya akan berbagi sedikit tips cara membuat email untuk melamar pekerjaan atau secara online :
  1. Anda tidak perlu bolak-balik ke tempat Fotocopy-an, karna berkas-berkas anda tidak usah di fotocopy, melainkan di Scan. Jika anda sudah mempunyai alat Scanner dirumah maka anda bisa melakukannya sendiri, namun jika tidak, anda tidak perlu patah semangat. Silahkan anda datangi warnet yang juga memiliki alat Scanner dan minta tolong pada operator warnet untuk membantu anda men-scan keperluan melamar anda. Contoh, Ijazah terakhir, transkip nilai, Surat Keterangan Catatan Kepolisian, Kartu tanda Penduduk, Foto dan paklaring atau sertifikat lainnya jika ada. Untuk Surat Lamaran Kerja dan Daftar Riwayat Hidup bisa anda ketik sendiri di Komputer atau warnet langganan anda.
  2. Perhatikan ukuran file gambar hasil Scan atau ketikan anda. Karna jika terlalu besar perusahaan tidak akan bisa membuka file data anda. Compress ukuran file menjadi lebih kecil menggunakan Zip atau 7Zip tanpa mengurangi kualitas dokumen anda. Jika anda kurang mengerti cara meng-compress, anda bisa googling atau bertanya pada operator warnet. Jangan malu yaa untuk kebaikan. Jangan lupa juga bahwa format dokumen harus Doc atau Pdf, dan Jpg atau Png untuk gambar. Karena format dokumen atau gambar pun berpengaruh pada alamat yang dituju, kadang sering pula tidak bisa terbuka.
  3. Tulis judul file dalam kolom Subject, karena Inbox e-mail perusahan sering banyak yang belum terbaca, jika anda tidak mengisi kolom terse but atau mengirim e-mail tanpa judul maka kemungkinan besar kiriman e-mail dari anda tidak akan dibuka oleh perusahaan, kiriman e-mail anda akan disangka pesan tidak jelas atau spam. Karena itu jangan lupa isi kolom Subjectnya yaa.
  4. Kirim ke alamat e-mail perusahaan yang anda tuju, pastikan alamat e-mail yang anda ketik tidak keliru satu huruf pun, karena biar hanya satu huruf yang salah maka e-mail anda tidak akan terkirim. Gak mau kan sudah capek-capek buat lamaran tapi ternyata tidak terkirim. Nanti sakitnya tuh disini (nunjuk tangan, pegel hehehe).
cara membuat email untuk melamar pekerjaan
Sekian cara membuat email untuk melamar pekerjaan . Semoga bermanfaat. ( Penulis: Raden Panji ). Intip pula Budidaya Semut Rangrang Kroto Sukses
.