Kaledo Makanan Khas Palu Dimakan Pakai Sedotan

Written by on ,
makanan khas

Kaledo makanan khas Palu. Jika Pembaca berlibur ke kota Palu, Sulawesi tengah, jangan lupa mencicipi kuliner khasnya, yaitu kaledo. 

Kaledo Makanan Khas Palu

Kaledo singkatan dari "kaki lembu donggala". Kaledo bisa disamakan sebagai sup kaki sapi. Tulang-tulang kaki sapi dimasak hingga empuk ditambah berbagai bumbu, seperti asam jawa, cabe rawit, dan garam.

Banyak warung kaledo ternama di Palu, salah satunya adalah Warung Kaledo yang berada di desa Loly. Pas aku nanya ke pemilik warung apa nama warungnya, dia jawab, "Namanya cukup Warung Kaledo saja. Tidak ada tambahan karena sudah banyak yang mengenalnya."

Ya, memang, kata Ega itu adalah warung turun-temurun. Berdiri sebelum dia lahir. Berarti sudah puluhan tahun, gurih rasanya pun tidak diragukan lagi. Maknyos!!!

Katanya lagi, sudah banyak artis-artis ternama ibukota yang datang ke sana, salah satunya Primus. Hum. Setelah aku teliti, ternyata pemilik warung yang sebenarnya adalah tantenya Ega.

Kaledo. Potongan daging kaki sapi disajikan beserta tulang-tulangnya. Cara memakan kaledo yang baik dan benar: pakai dua tangan untuk memegang tulang, kemudian menggigit atau mencuilnya dengan tangan. Itu jika yang dipesan adalah kaki lembu, tapi jika kita memesan daging potong-potong maka cukup memakai sendok. 

Kaledo dengan daging yang telah dipotong- potong disantap berdampingan dengan nasi putih hangat. Agar lebih nikmat dapat disajikan dengan ubi kayu. Jeruk nipis diberikan sebagai tambahan kuah sup. Daging kaledo sangat empuk. Kuahnya sangat segar dengan rasa dominan asam dan pedas. 

Oh iya, hampir lupa, anda juga bisa memesan sum-sum, itu pun jika sedang beruntung. Sebab, sangat banyak yang mengincar kaledo sum-sum karena rasanya yang lebih nikmat jika dibanding kaki sapi atau daging sapi. Cara memakannya sangat unik. Ada sedotan yang disajikan untuk menyeruput daging sum-sum yang ada di dalam tulang. Sruup... sruup... nikmat sekali.

Rumah makan kaledo milik Ega buka mulai pagi sampai pukul 19.00 di hari biasa, sedangkan hari Minggu tutup pukul 17:00. Harga yang ditawarkan untuk satu porsi kaledo adalah Rp 50.000. Tempatnya ada di jalan poros Loly. Jika dari arah Silae, maka warung tersebut ada di sebelah kanan. Jika masih belum ketemu juga. Anda dapat menanyakannya pada warga kampung di mana letak warung makanan khas Palu kaledo milik Ega atau Iznira, pokoknya gak bakal nyasar deh, yakin seratus persen. Warungnya sudah sangat terkenal. ( Penulis: Fiinny ) Nikmatnya Kaldu , makanan khas Sumenep
.