Cara Membuat Pupuk Organik

Written by on ,
cara membuat pupuk organik

Ini adalah cara membuat pupuk organik yang kuamati dari seorang petani didaerahku. Pada saat ini banyak petani yang menggunakan pupuk anorganik dibanding pupuk organik. Pupuk anorganik adalah pupuk kimia yang dibuat oleh pabrik pupuk. 

Apabila hasil tanaman petani merosot baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya, biasanya para petani akan menambah dosis dari pupuk tersebut tanpa memperhatikan dampak kerusakan pada tanah mereka. Padahal para petani seharusnya tahu dan pasti sudah tahu bahwa penggunaan pupuk anorganik dalam dosis banyak secara terus menerus akan merusak tekstur dan struktur tanah. Jadi sebaiknya pemupukan yang baik adalah menggunakan kedua jenis pupuk secara tepat, baik pupuk anorganik dan pupuk organik agar hasil maksimal.

Pupuk memiliki peranan penting bagi peningkatan kesuburan tanah sawah. Pupuk berfungsi untuk menjaga keseimbangan kesuburan tanah. Tetapi dengan penggunaan yang tepat tentu saja. Kompos merupakan pupuk organik atau pupuk alami dari hasil pelapukan bahan-bahan tanaman atau limbah tanaman. Contohnya jerami,sekam,daun-daunan,serta rumput-rumputan. Pengomposan tersebut dapat dipercepat dengan cara penambahan mikroorganisme dekomposer.

Cara Membuat Pupuk Organik

Cara membuat pupuk organik dapat dibuat dari beragam limbah dan gulma. Berikut adalah cara membuat pupuk organik sederhana, mudah, dan 100% works karena sudah biasa dipraktekkan oleh petani :
  1. Menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain: Bahan padat: dedak 1kg, sekam pagi 20kg, pupuk kandang 30kg. Siapkan pula bahan cair: air secukupnya, tetes tebu 20ml, EM4 20ml. EM4 adalah bakteri fermentasi yang bisa kita beli di toko pertanian.
  2. Mencampurkan bahan padat yaitu pupuk kandang, sekam padi, dan bekatul ) sampai tercampur rata. Namun untuk bekatul yang dipakai separoh dulu karena yang separuh akan digunakan nanti sebagai lapisan atas pada waktu pemrosesan.
  3. Campuran bahan cair yang digunakan, harus menyesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan untuk membuat pupuk dengan jumlah yang sudah ditentukan pula .
  4. Langkah selanjutnya membuat adonan yaitu campuran antara bahan padat dan bahan cair.sedikit demi sdikit sampai merata dengan kelembabannya pupuk mencapai 50%.
  5. Setelah adonan pupuk jadi,selanjutnya persiapkan tempat untuk menghamparkan adonan tersebut. Pilihlah tempat yang teduh,tidak terkena sinar matahari dan tidak terkena hujan. ,dan dilantai tanah.
  6. Langkah terakhir menaburi bekatul sisa tadi sedikit-sedikit pada adonan yang dihamparkan.
Pupuk organik ini akan matang setelah kurang lebih 1 minggu. Pupuk organik yg sudah jadi memiliki warna coklat,jika dicium sudah tidak berbau pupuk kandang,dan jika dipegang terasa remah. 

cara membuat pupuk organik
Tulisan cara membuat pupuk organik ini adalah hasil pengamatanku di pertanian daerah Salaman, Magelang, Jawa Tengah. Jika tulisan ini ada kesalahan atau kurang lengkap, dan pembaca ingin melengkapi maka silakan tuliskan di kolom komentar dibawah ini.  ( Penulis: Peppi Aaron )
Artikel terkait: Obat Untuk Menyembuhkan Gigitan Serangga Tomcat
.