Tempat Wisata dan Jajanan Khas Kota Bogor

Written by on ,
khas bogor

Kalau liburan ke Bogor atau jalan – jalan ke Bogor jangan pernah lupa mampir ke kebun raya dan icip – icip jajanan khasnya, dijamin gak akan nyesel malah jadi rindu terus. Pertama – tama mari mampir ke Kebun Raya Bogor, beralamat di Jl. Otto Iskandardinata No. 13 Bogor, Jawa Barat. Kebun Raya Bogor adalah sebuah kebun yang besar dan memiliki luas 87 hektare serta ditumbuhi banyak pohon sekitar 15.000 pohon dari berbagai jenis, ada tumbuhan langka serta tumbuhan yang berasal dari berbagai negara.

Kebun Raya Bogor sangat cocok untuk acara keluarga seperti piknik, bisa juga jadi ajang kumpul dengan teman – teman. Dulu waktu ada acara oting di sekolah SMK kami semua diajak berkumpul di kebun raya untuk belajar di luar, rasanya sangat menyenangkan karena udaranya yang sangat segar dan cuaca yang teduh didukung dari rindangnya pepohonan berusia puluhan tahun. Kebun Raya Bogor juga pernah dijadikan tempat pernikahan dari adik syahrini salah satu penyanyi wanita di Indonesia.

Jadi jangan ragu lagi bila anda ingin berkunjung ke Kebun Raya Bogor , asal jangan berkunjung di musim hujan, selain kita tidak bisa berjalan – jalan dan terhindar dari pohon yang mungkin saja bisa tumbang bila terkena badai angin kencang. 

Bila ingin berkunjung ke kebun raya bogor, berikut data tarif masuk / tiket :
Domestik : Rp 9.500
Turis: Rp 25.000
Harga bisa berubah tergantung pihak Kebun Raya Bogor.

Setelah jalan – jalan menikmati sejuknya udara dan rindangnya pepohonan di kebun raya belum lengkap kalau gak icip jajanan khas Bogor. Dibawah ini adalah beberapa jajanan terkenal yang ada di Bogor : 

1. Tauge goreng, makanan ini sudah sangat menyatu dengan selera orang bogor tapi jangan salah kaprah makanan bernama tauge goreng ini, tidak sama sekali berhubungan dengan penggorengan dan minyak, tauge goreng prosesnya direbus diatas kuali datar atau nampan yang dibawahnya menggunakan bara api tidak menggunakan kompor, prosesnya tauge dan mi kuning direbus dengan sedikit air sambil diaduk – aduk sampai tauge agak layu sedikit kemudian penyajiannya disiram dengan kuah tauco, oncom, tahu dan ketupat lalu untuk menambah rasa ditambah kecap serta sambal ulek hmmm... anda harus coba, untuk rekomendasi tempat penjual tauge goreng anda bisa kunjungi tauge goreng Hj.Rodiah di pasar Anyar Bogor.

2. Cungkring, cungkring adalah sejenis kikil atau ada juga yang menggunakan cingur sapi yang direbus dan diberi bumbu kuning, disajikan bersama potongan ketupat dan disiram dengan saus kacang. Cungkring jarang ditemui yang penjualnya memiliki stand, tapi cungkring sering dijumpai dengan penjual yang keliling.

3. Colenak, colenak merupakan singkatan dari “di cocol enak” penganan ini cocok anda jadikan sebagai dessert karena terdiri dari potongan tape singkong atau pisang yang dipanggang kemudian diberi cocolan karamel gula aren, anda memakannya dengan dicocol makanya disebut colenak.

4. Laksa bogor, penganan ini isinya terdiri dari bihun, tauge, tahu, oncom, dan telur rebus lalu disajikan dengan kuah kuning yang bersantan dimakan hangat – hangat sangat menggugah selera tentunya.

5. Asinan Bogor, Asinan bogor adalah makanan yang best seller di Bogor, semua daerah pasti punya macam – macam asinan yang membedakan dari asinan yang lain Bogor menggunakan sawi asin dan kerupuk mi disajikan dingin akan terasa lebih nikmat.

6. Manisan pala dan sirup pala, tidak lengkap bila anda tidak mencoba hangatnya aneka olahan buah pala di bogor.

7. Roti uyil, bagi anda penyuka roti anda bisa mencoba olahan dari roti unyil, tekstur empuk si roti sangan menggugah selera belum lagi penampilannya yang imut – imut seperti namanya roti unyil.

Nah demikian tempat wisata dan beberapa makanan khas bogor yang bisa menjadi refrensi anda bila berkunjung ke kota hujan ( kota bogor ), mudah – mudahan bisa bermanfaat bagi para pembaca yang ingin berlibur. ( Ayu Dyah A ) Tips Liburan Menyenangkan dan Hemat
.