Tanaman Bunga yang Bisa dimakan

Written by on ,
bunga dimakan

Manusia menanam berbagai tanaman dengan tujuan untuk diambil manfaatnya. Kebanyakan ditanam untuk bisa dimakan dan dikonsumsi sehari-hari. Mangga, Jeruk, jambu, Durian dan sebagainya ditanam untuk dimakan buahnya. Padi, jagung, kacang dan sebagainya dimakan bijinya, sedang bayam, kangkung, seledri dan sebagainya yang dimakan adalah daunnya. Bunga ditanam untuk dinikmati keindahan dan warnanya. Tapi tahukah anda bahwa ada berbagai macam bunga yang bisa dimakan dan dikonsumsi oleh manusia. Ini bukan mitos atau klenik tapi bunga-bunga itu sangat bergizi dan menyehatkan. Makan bunga bukanlah hal yang aneh. Karena tanpa disadari kita sering memakannya. Bunga-bunga tersebut ada yang bisa dilalap langsung, ditumis, dibuat salad, sup dan minuman segar dsb. 

Beberapa Bunga yang bisa dimakan adalah : 

BUNGA BROKOLI Warnanya hijau dan mengembang mirip buket bunga. Mengandung vitamin A, kalsium, potassium, kalium, zat besi dll. Bunga ini dapat dimakan mentah-mentah, setengah matang atau matang. Ditumis, direbus, disup sama enaknya. Disarankan jika mengolah jangan sampai terlalu matang karena khawatir vitaminnya akan hilang. 

BUNGA KOL Bentuknya memang mirip brokoli, namun warnanya lebih kekuningan. Bunga kol mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh seperti protein, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, vitamin B dan beberapa zat penting lain. Bisa ditumis atau disup sesuka kita. Bunganya yang lebat, seringkali membuat ulat bersembunyi di dalamnya. Potong kecil-kecil dan rendam dulu dengan larutan air garam agar ulat mati. 

BUNGA TURI / KEMBANG TURI Warnanya ada yang putih dan ada yang merah. Biasanya dimakan sebagai campuran sayur pecel atau sayur asem. Kandungan didalamnya ada kalsium, zat besi, dan vitamin A yang tinggi. 

ASPARAGUS Biasanya dimasak untuk berbagai sup yang rasanya lezat. Juga bisa disajikan dengan potongan kepiting atau steak. Asparagus mengandung asam folat, rendah kalori, tidak ada kandungan lemak dan kolesterolnya. 

BUNGA PEPAYA Yang digunakan adalah jenis pepaya jantan atau pepaya gantung. Bunga pepaya biasanya dimasak / dimakan bersama makanan berprotein seperti daging, tempe dan sebagainya. Dapat dipepes, ditumis atau dikukus sesuai selera. Bunga pepaya didalamnya mengandung zat enzim papain, enzim protease dan zat lainnya 

BUNGA PISANG / JANTUNG PISANG Jantung pisang biasanya dibuat rujak, disop, ditumis, dipepes, dikukus atau dimasak sesuai selera. Didalamnya mengandung zat protein, mineral, fosfor, kalsium, dan zat besi juga sejumlah vitamin A, B1 

BUNGA ROSELLA Kelopak Bunga Rosella digunakan untuk bahan pembuat sirup merah dan teh yang beraroma khas. Mempunyai kadar antioksidan tinggi yang dapat menghambat radikal bebas. Dapat mencegah penyakit ginjal, diabetes, jantung koroner, hingga kanker. Nikmat sekali jika dihidangkan dengan madu atau gula ditambah es batu. Itu adalah beberapa bunga yang dapat dimakan, bisa ditambahi dikolom komentar jika anda tahu yang lainnya. Ingatlah selalu jangan makan bunga yang mendapat pestisida karena tidak dapat dikupas seperti buah. Juga harus dicuci bersih sebelum dimakan. ( Mun's Fadh ) Penyakit Toxoplasma Tidak 100% dari Kucing
.