Food Combining Pola Makan Sehat

Written by on ,
food combining

Apakah anda pernah dengar dengan pola makan baru yang lagi ngetrend saat ini 2015? Namanya adalah Food Combining, saya sudah pernah dengar tentang Food combining tapi tidak sepenuhnya tertarik karena menurut saya pasti susah, namun beberapa hari yang lalu teman kantor saya menyarankan untuk ikut yang namanya Food Combining, saya yang sangat ingin menurunkan berat badan sampai ideal ini jadi semakin melirik kebiasaan – kebiasaan makan dia dikantor. 

Menurutnya Food Combining bukanlah diet untuk menguruskan badan, tapi diet yang menuntun tubuh kita untuk mencapai berat badan yang ideal dan menjaga kesegaran serta kebugaran tubuh, dengan kasus kegemukan atau kekurusan. Jadi semua orang yang mengalami problem pada kesehatan, bentuk tubuh kurus atau gemuk dan lain – lain bisa mengikuti Food Combining ini nih..


Food Combining Pola Makan Sehat

Food Combining pertama dikenalkan oleh dokter asal Amerika Dr. William Howard Hay, pada awalnya food Combining merupakan konsep diet, namun setelah dilakukan penelitian lebih lanjut ternyata konsep ini banyak sekali manfaatnya selain diet, yaitu menstabilkan berat badan ideal, menurunkan resiko penyakit berat dan membantu menyembuhkan penyakit – penyakit berat. Dr. William Howard Hay juga melakukan pola makan Food Combining ini dan dalam kurun waktu 3 bulan dia bisa mendapatkan berat badan ideal serta terbebas dari penyakit berat yang dideritanya.

Food Combining mengikuti pola makan 4 sehat yaitu (sayur, karbohidrat, vitamin dan protein) namun tidak mencampurkannya dalam satu waktu makan, tapi membaginya menjadi beberapa kelompok agar lebih mudah dicerna dan dapat menyeimbangkan PH tubuh yaitu antara 7,35 – 7,45. Intinya adalah semua jenis makanan mempunyai waktu cerna yang berbeda serta ada beberapa jenis makanan yang dicernanya membutuhkan zat asam dan ada yang membutuhkan zat alkali, apabila dalam satu kali jam makan kita mengkombinasi jenis makanan yang mempertemukan zat alkali dan zat asam, maka keduanya akan bentrok dan menghambat pencernaan menjadi semakin lambat dan menghabiskan energi kita hanya untuk mencerna makanan serta janganlah lupa untuk menguyah makanan sampai sangat halus dan tercampur liur karena makanan yang halus akan mudah dan cepat dicerna dilambung.

Food Combining tidak menuntut jumlah makanan yang kita makan harus sedikit atau banyak, Food combining membebaskan semua, tapi apapun yang masuk kedalam tubuh haruslah sesuai kombinasinya agar mudah dicerna, dan energi yang benar – benar dibutuhkan tubuh bisa berfungsi maksimal.

Food Combining juga pola makannya mengikuti sistem pencernaan tubuh kita karena dalam 24 jam pencernaan dalam tubuh terus terjadi, makanya kita melakukan pola makan Food Combining agar bisa menempatkan jenis makanan yang tepat pada jam cerna kita :

1. Jam 04:00 – 12:00 : tubuh melakukan pembuangan zat – zat yang tidak diperlukan lagi.
2. Jam 12:00 – 21:00 : tubuh mulai mencerna makanan.
3. Jam 21:00 – 04:00 : tubuh melakukan penyerapan makanan dan menyalurkan zat – zat berguna ke seluruh tubuh.

Kita tidaklah perlu menghapal jenis makanan apa yang bisa kita makan semua bisa kita makan dengan kombinasi yang benar asal semuanya alami, bukan makanan olahan, bukan makanan kalengan, bukan makanan awetan, bukan makanan yang mengandung perasa dan MSG, makanan yang dianjurkan hanyalah jenis – jenis sayuran dan buah yang segar, anda tidak perlu terlalu banyak memasak, anda bisa memakannya langsung asal dicuci dengan sangat bersih, makanan olahan seperti tempe, tahu dan yogurt masih bisa anda konsumsi, untuk minuman cukuplah anda mengkonsumsi air putih, jangan mengkonsumsi kopi, teh dan susu.

Berikut Rumus makanan Food Combining dalam satu hari:
  1. Bangun pagi minumlah air satu gelas dengan perasan jeruk nipis/ lemon.
  2. Selang 20 – 30 menit minum air putih 500 ml.
  3. Makan pagi, buah segar.
  4. Kudapan jelang makan siang , buah segar.
  5. Makan siang,( protein hewan + tahu atau tempe + sayuran), bila tidak memakan protein hewan, boleh menggantinya dengan nasi.
  6. Kudapan sore hari , buah atau sayuran segar. Bisa juga dibuat jus tanpa gula.
  7. Menu makan malam, carilah yang lebih ringan seperti sayur + tahu atau tempe.
Food Combining akan sangat membantu orang – orang yang ingin mengidealkan berat badan, dilihat dari jenis makanan yang bisa kita konsumsi juga sangatlah sehat dan kita akan banyak terhindar dari penyakit kronis yang penting makanan yang kita makan terutama sayuran, haruslah mengandung banyak vitamin dan kalsium agar tubuh tidak kekurangan kalsium dan tulang tetap sehat, karena Food Combining membatasi konsumsi susu dalam programnya. 

Hidup sehat itu mudah, kembali lagi pada niat kita mau sehat atau malas sehat. ( Ayu Dyan A ) Penyakit Toxoplasma Tidak 100% dari Kucing
.