Buku Adalah Jendela Dunia

Written by on ,
buku

Buku adalah jendela dunia, membaca adalah kuncinya, merupakan sebuah kata bijak yang sangat sering kita dengar dan tentunya sudah turun-temurun diwariskan dari generasi ke generasi. Kata tersebut mengandung sebuah pengertian bahwa dengan membaca buku kita akan bisa mendapat informasi dan pengetahuan yang tersebar dari segenap penjuru dunia. 

Dunia yang luas dapat kita nikmati lewat buku, karena itu buku sering disebut sebagai jendela dunia. Kita dapat mengetahui apa saja yang ada di Amerika, bagaimana gedung-gedung yang ada disana, bagaimana keadaan alamnya sampai bagaimana kebiasaan penduduknya, walaupun kita tidak pernah sekalipun kesana, dengan hanya membaca buku tentang Amerika. Kita juga bisa mengetahui apa yang terjadi saat-saat perjuangan nenek moyang kita melawan penjajah Belanda walaupun kita belum lahir ke dunia, dengan membaca buku-buku sejarah. Kita jadi tahu di seberang bumi lain ada gempa, juga dari membaca. Masih banyak pengetahuan pengetahuan lainnya yang kita dapat dari hasil membaca.

Buku adalah harta terpenting didunia. Di dalam buku kita bisa mempelajari banyak hal yang tidak kita ketahui sebelumnya. Buku memberikan pencerahan dan pengetahuan bagi siapa saja yang mau menggalinya dengan baik sekaligus memprakteklan dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang kita menemui orang-orang yang merasa hidupnya paling benar dan paling pintar. Kadang juga tidak sedikit yang menghina ciptaan Tuhan dan meremehkan sesama padahal dia tidak tau apa apa. Bisa jadi orang yang demikian adalah orang yang kurang membaca buku atau buku yang telah dibaca masih sedikit.

Semakin banyak membaca buku, maka semakin banyak pengetahuan yang bisa diserap sehingga semakin jauh kita dari kesombongan. Ilmu padi menjadi filsafat yang dicontoh, semakin berisi maka semakin merunduk. Namun jika kelakuan seseorang tidak berubah juga setelah banyak membaca buku, maka perlu dilihat jangan-jangan salah baca buku atau mungkin salah mengartikan isi didalamnya. Seseorang dapat menentukan sendiri berbagai manfaat yang dapat dirasakan ketika membaca buku dan mempraktekannya didunia nyata. Begitu banyak sekali pengetahuan yang bisa di dapat hanya dengan membaca buku. Buku tidak akan pernah habis atau berkurang sedikitpun jika dibaca malah pengetahuan makin bertam Lomba Menulisbah. Dari anak-anak hingga orang tua dapat memanfaatkannya. Pada era teknologi canggih sekarang kini, buku telah dikemas dalam bentuk file yang dapat dibaca melalui hp, komputer, laptop dan sebagainya yang disebut dengan ebook. 

Buku digital yang lebih dikenal dengan e-book dapat dibeli atau didownload lewat internet. Dapat juga dibaca didalam berbagai macam situs. Ebook telah menjadi sebuah gaya hidup manusia modern saat ini. Namun buku digital tersebut tentunya banyak kekurangan di dalamnya karena bisa saja filenya hilang karena terhapus atau terkena virus. Buku digital juga tidak bisa dinikmati oleh semua kalangan, masyarakat pedesaan dan pinggiran menengah kebawah bahkan banyak yang tidak mengenal teknologi buku digital ini. Apapun bentuknya, baik digital maupun dalam arti sebenarnya, buku tidaklah berguna dan bermanfaat jika tidak dibaca. Membaca buku merupakan satu keharusan yang harus dilakukan oleh semua generasi dan semua kalangan terutama para generasi muda dengan tujuan mendapatkan segala bentuk informasi. Ayo membuka jendela dunia dengan membaca !! ( Mun's Fadh )
.