5 Kuliner Terkenal di Kota Kediri

Written by on ,
makanan terkenal
www.takonyakin.com
Sama seperti kota-kota lain, Kota Kediri juga terkenal dengan berbagai macam kulinernya. Berikut ini adalah 5 kuliner yang terkenal di Kediri Jawa Timur dan wajib untuk kita cicipi:

Sego njamoer
Sego njamoer atau yang sering kita baca dengan sego njamur adalah salah satu makanan yang terkenal di Kediri. Meskipun aslinya sego njamoer ini pertama kali di buat oleh mahasiswa ITS Surabaya. Namun, sego njamoer telah menyebar ke berbagai kota termasuk kota Kediri. Mungkin bagi kita yang belum pernah mendengar istilah sego njamoer akan mengira bahwa sego njamoer adalah nasi yang sudah jamuran padahal sego njamoer adalah sebuah jamur garing yang di lapisi dengan nasi. Sego njamoer sangat murah, bergizi dan juga nikmat sekali.

Bakso Setan
Makanan bakso memang sudah menyebar di berbagai kota di Indonesia. Namun,ada satu hal yang menjadi ciri khas bakso setan adalah namanya yang unik dan membuat seseorang penasaran. Dinamakan bakso setan karena rasa baksonya seperti setan. Maksudnya rasa baksonya sangat pedas sekali. Tidak heran kalau rasanya pedas karena jumlah cabainya saja lebih dari 28 cabai. Namun,kita tak perlu khawatir karena di sini juga telah tersedia berbagai es jus yang rasanya sangat nikmat sehingga mampu mengobati rasa kepedasan setelah makan bakso setan. Tetapi tetap saja mengkonsumsi cabe dalam jumlah besar tidaklah baik untuk kesehatan.

Soto Branggahan
Soto Branggahan merupakan salah satu makanan khas kota Kediri yang terletak di desa Branggahan ( sebelah baratnya kecamatan Ngadiluwih ). Mungkin secara sekilas soto Branggahan sama seperti soto di daerah lainnya. Namun, apabila kita amati maka kita akan menemukan ciri khas soto Branggahan yaitu porsi mangkoknya yang kecil. Namun,meskipun porsi mangkoknya kecil namun soto Branggahan memiliki rasa yang sangat nikmat.

Pecel tumpang
Pecel tumpang merupakan sambal pecel dan sayuran yang di campur dengan sambal tumpang. Sambal tumpang terbuat dari tempe busuk sehingga rasanya sangat masam. Namun,meskipun sambal tumpangnya terbuat dari tempe busuk , pecel tumpang ini tetap memiliki cita rasa yang enak dan sangat di gemari oleh warga Kediri.

Tahu takwa
Tahu takwa adalah makanan khas dari kota Kediri. Ciri khas tahu takwa adalah warna tahunya yang kuning, kenyal, lembut dan rasanya sangat gurih. Tahu takwa cocok sekali dijadikan sebagai camilan maupun lauk makan. Jadi apabila anda berkunjung ke kota Kediri maka jangan lupa membeli tahu takwa sebagai oleh-oleh dari Kediri. ( Roni Kedua ) Berbagai Macam Masakan Jepang
.