Kisah Sukses Seorang Wirausaha

Written by on ,
kisah sukses seorang wirausaha

Kisah sukses seorang wirausaha bisa panjenengan simak disini tanpa perlu pusing-pusing membaca arti wirausaha versi analisa entrepreneur. Sebab walaupun saya sudah cukup sukses , tetap saja saya tidak peduli mengenai istilah-istilah sangar dalam kewirausahaan. Ya maklumlah, sebenarnya latar belakan pendidikan saya tidak memenuhi syarat untuk berbicara dalam kapasitas entrepeneur, yang penting bagiku adalah golek duit, mangan, turu tur jangan lupa ngibadah adalah hal paling utama.


Kisah Sukses Seorang Wirausaha

Kisah sukses pengusaha ada banyak yang bisa kita contoh dan sebagai motivasi, contoh Agoeng Widyatmoko siwartawan yang kena PHK, kisah sukses Bambang Haryono berkat pohon asam, Andri Aryansah sang pengusaha sukses merchandise, Rusdi Raisa yang sukses meraup jutaan rupiah perbulan hanya dari modal kecil. Sedang untuk selanjutnya saya berharap ada orang sukses yang berkenan menghubungi saya via email agar usaha suksesnya bisa saya posting disini sebagai motivasi kita bersama. 

Nah, buat anda sedulur semua yang belum sukses, eh maksud saya untuk anda yang sedang melangkah hendak sukses, saya ingin menceritakan kisah sukses saya dulu yang saat ini alhamdulillah sudah laba belasan juta hanya dengan modal kecil.

Kisah Sukses Pengusaha Online Versi Saya
Rahasia sukses saya adalah dengan melalui jualan online. Saya jualan online berupa bahan makanan, cetakan kue dan apa saja yang bisa dijual yang penting jangan jual harga diri ( weuww..). Modal saya cenderung kecil. Saking kecilnya, seorang pegawai bank sempat tidak percara dengan laba ku yang kudapat dari usaha jualan barang secara online. 

Al kisah waktu itu saya sedang membuat akun bank baru yaitu BCA karena makin hari makin banyak konsumen yang meminta transaksi via BCA padahal persediaan akun saya adalah bank mandiri.
Pegawai bank : " Ibu kerja apa "
Saya : " Jualan online "
Pegawai bank : " Modalnya banyak ya bu, soalnya omset ibu udah banyak "
Saya : " gak juga mbak, labanya saja yang banyak, tapi modal sedikit "

He he... saya tidak memerlukan modal banyak, karena kulak stock sedikit sedikit saja, kalo hampir habis maka saya kulak lagi. Saya biasa kulak bahan makanan berupa bahan Takoyaki khas Jepang dari jakarta. Herannya lagi mayoritas langganan saya adalah orang Jakarta. He he... pertama mengalami hal ini sebenernya geli... Tapi itulah dunia jualan online.
kisah sukses seorang wirausaha


Tips Sukses Jualan Online Tanpa Capek
Saya teringat kisah Eka Lesmana yang katanya capek jualan online karena harus packing barang sehingga dia memutuskan untuk usaha lain yang lebih tidak capek tetapi menghasilkan ratusan juta rupiah. Menurut pengalaman saya pribadi dan berdasar penuturan Eka sendiri ( di web ), saya pikir kecapean Eka Lesmana tidak sepenuhnya karena dia jualan online. Tapi karena beliau waktu itu kerja ditempat orang sebagai kuli dan beliau sambi sebagai penjual online. Nah berikut ini tips sukses saya dalam bisnis online tanpa harus capek capek tetapi bisa mendapatkan laba bersih belasan juta perbulan atau bahkan puluhan juta itu sudah biasa.
  • Pekerjakanlah 1 orang untuk packing barang. Anda sebagai pemilik usaha bertindak sebagai penerima orderan saja alias melayani SMS atau call dari customer. Gajilah pekerja tersebut dengan gaji yang layak. Saya sendiri saat ini menggaji double untuk karyawan saya, yaitu 1 pekerja gaji harian Rp 30.000 perhari ditambah gaji akhir bulan 500.000 jika laba bersih saya sekitar 14 juta. Dan saya akan menambah gaji diakhir bulannya menjadi lebih dari 500.000 jika laba bersih saya semakin tinggi. Adil kan? Kaaaannn.....
  • Jika jualan sedulur semakin laris lagi dan mulai keteteran dengan 1 karyawan, maka pekerjakanlah 1 karyawan tambahan dengan gaji sama tidak dibeda-bedakan.
Itulah tips saya jualan online sukses. Saat ini saya sudah sekitar 6 bulan jual bahan makanan dan cetakan kue dengan peningkatan sangat signifikan:
  1. Bulan pertama sampai bulan ke 4 laba bersih sekitar 500.000 sampai 4 jutaan sebulannya. Saya kerjakan sendiri semua packing.
  2. Bulan ke 5 dan ke 6 saya sudah meminta bantuan orang lain untuk packing karena laba bersih 7 digit yang saya dapat perbulannya membuat saya harus fokus melayani SMS dan Call pembeli agar tidak terkatung-katung pelayanannya.
Apakah sedulur sendiri saat ini juga jualan online tapi gak laku-laku??? Saya yakin toko sedulur selamanya insya Alloh akan tetap tidak laku jika anda berdiam diri saja seperti saya dulu. Ada yang harus anda lakukan sebelum barang dagangan sedulur laku. Sedulur perlu browsing agar toko online sedulur laris manis sehingga kelak sedulur bisa cerita kesaya mengenai kisah sukses seorang wirausaha bernama sedulur. Apa hukum merayakan valentine?

Update April 2015: Omset toko sudah 4 jt an perhari dan sistim gaji yang saya terapkan diatas sudah tidak berlaku sebab tugas karyawan juga sudah semakin banyak. Keren ya? Hemm... Biasa saja. 
.