Cara Menjaga Keutuhan Persahabatan

Written by on ,
persahabatan

Sahabat adalah seseorang yang selalu ada saat suka dan duka. Kehadiran sahabat telah memberi banyak warna dalam kehidupan kita. Sehingga kehidupan terasa indah. Namun, bagaimanapun juga dalam kehidupan bersama pasti pernah terjadi konflik atau masalah antara kita dan sahabat. Sehingga hubungan persahabatan pun jadi retak. Oleh karena itu kita harus berusaha untuk menjaga keutuhan persahabatan kita. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga persahabatan kita :

1. Saling percaya
Terkadang ada konflik yang disebabkan oleh kesalahpahaman antara kita dan sahabat kita. Apabila kita saling menyalahkan dan tidak percaya dengan sahabat kita maka hubungan persahabatan pun akan berakhir dengan cepat. Sehingga dibutuhkan adanya rasa saling mempercayai dan saling berprasangka baik kepada sahabat kita. Agar dapat mengurangi ketegangan antara kita dan sahabat kita.

2. Jujur
Apabila sahabat kita sering melakukan hal-hal yang tidak kita sukai maka sebaiknya kita jujur mengatakan berbagai sikap sahabat yang membuat kita tidak nyaman. Namun, kita harus menyampaikan kritikan tersebut dengan bahasa yang halus dan sopan agar tidak membuat sahabat kita tersinggung dan agar sahabat kita mau menerima kritikan kita, menyadari kesalahannya dan segera memperbaiki sikapnya. 

3. Tidak mengungkit masa lalu sahabat
Setiap orang pasti memiliki masa lalu termasuk sahabat kita. Terkadang tanpa sadar kita mengungkit-ungkit masa lalu sahabat kita. Sehingga sahabat kita merasa kesal kepada kita. Oleh karena itu apabila kita tidak mengungkit ungkit masa lalu sahabat kita agar tidak menimbulkan permasalahan yang rumit antara kita dan sahabat kita.

4. Menyadari tak ada manusia yang sempurna
Seringkali kita mengharapkan seorang sahabat yang sempurna. Sahabat yang selalu ada kapan pun kita membutuhkannya, sahabat yang selalu memahami kita dan sahabat yang tak pernah melakukan kesalahan. Namun, sayangnya tak ada sahabat yang sempurna. Sehingga kita merasa sangat kecewa saat sahabat kita melakukan kesalahan kepada kita. Kita perlu menyadari kalau tak ada sahabat yang sempurna karena kesempurnaan hanya milik sang Pencipta. Dan kita juga perlu memaafkan kekurangan sahabat kita agar keutuhan persahabatan tetap terjaga.

5. Tidak posesif
Memang wajar jika kita selalu ingin selalu berada di samping sahabat kita karena kita ingin memiliki sahabat kita seutuhnya (posesif). Namun, disisi lain sikap posesif membuat kita kecewa saat sahabat kita tak ada disamping kita. Sehingga kita perlu mengurangi sikap posesif dan menyadari kalau sahabat kita juga memiliki kehidupan bersama orang lain seperti keluarga dan teman lainnya. Nah,sekarang sudah tau kan cara menjaga persahabatan agar tetap utuh. ( Roni Kedua )
.