Kisah Awal Mula Transportasi Darat

Written by on ,
alat transportasi

Sarana perhubungan atau transportasi merupakan faktor yang sangat penting dalam kehidupan umat manusia. Setiap orang pastinya perlu untuk bepergian dengan tujuan yang bermacam-macam. Ada yang ingin bertemu keluarganya, ada yang ingin bekerja, ingin bertamasya ataupun pergi ke tempat lain untuk keperluan lain. Untuk bepergian tentunya butuh sarana perhubungan sebagai alat transportasi atau berpindah tempat. Pada umumnya pilihan yang digunakan adalah dengan berjalan kaki atau naik kendaraan. 

Era sekarang ini ada berbagai macam kendaraan bisa dipakai. Berbagai macam kendaraan tersebut diantaranya : sepeda, motor, becak, dokar, bus, pesawat terbang dan lain lain.

Al kisah... Sebelum orang menemukan kendaraan sebagai alat perhubungan, jauh zaman dahulu orang bepergian dengan jalan kaki. Tentu saja cara ini memerlukan waktu yang sangat lama dan tentunya melelahkan. Kemudian setahap demi setahap orang menggunakan hewan sebagai alat transportasi atau kendaraan untuk mempermudah dalam bepergian. Hewan itu seperti : lembu, onta, kuda, keledai dan sebagainya. Hewan-hewan ini disamping dinaiki oleh orangnya juga ada yang digunakan untuk mengangkut barang. Setelah ditemukan roda, perjalanan makin mudah. Orang orang membuat kereta beroda yang ditarik oleh hewan. Dengan kereta beroda ini, penumpang dan barang yang diangkut lebih banyak dan lebih praktis. Kereta tersebut bisa mengangkut dua orang, tiga orang bahkan lebih. Kereta beroda yang ditarik oleh hewan masih bisa dilihat sampai sekarang berupa dokar, pedati, sado, delman dan lain lain.

Ketika zaman berkembang dan lebih lebih maju membuat orang berfikir dan berfikir lagi. Delman, dokar, pedati dan sebagainya dianggap sangat lambat dan tidak sesuai perkembangan zaman sehingga perlu alat transportasi yang lebih cepat. Sampai akhirnya mesinpun diketemukan. Setelah mesin diketemukan, alat perhubungan transportasi pengangkut juga dijalankan dengan mesin. Dengan adanya alat bermesin, sarana transportasi menjadi lebih cepat. Jarak yang jauh dapat ditempuh dengan cepat. Jika dahulu jarak 100 km ditempuh dalam waktu berhari-hari, era sekarang dapat ditempuh dalam 2 jam. Seiring perkembangan teknologi dan mesin mungkin dimasa depan jarak 100 km bisa ditempuh hanya dalam 10 menit saja. Bisa gak ya...?.

Jumlah penduduk yang makin banyak dan beragam, membuat orang mempunyai beragam kebutuhan untuk bepergian. Akibatnya transportasi perhubungan juga semakin banyak dan ramai. Penggunaan sarana transportasi disesuaikan dengan kebutuhan dan juga biaya yang dipunya. Semakin mahal biaya / ongkos maka semakin cepat waktu untuk sampai di tempat tujuan. Alat transportasi mana yang paing kmu sukai, dan yang apa yang paling sering kamu pakai? He he... Mau tau saja.. ( Mun's fadh ) Alat Transportasi Sungai Perahu Getek
.