Kisah Pengusaha Sukses Basrizal Koto

Written by on ,
kisah pengusaha sukses

Kali ini kusuguhkan kisah pengusaha sukses bernama Basrizal Koto guna menggugah semangat,. Sehabis ini sedulur bisa berpaling dari blog ini untuk segera mempraktekkan pelajaran yang bisa diambil dari kisah sukses berikut.

Kisah Pengusaha Sukses Basrizal Koto

Sedulur kenal beliau? Saya pun tidak. Beliau Basrizal Koto lahir di Pariaman, prov Sumatera Barat sono ditahun 1959. Basrizal Koto adalah contoh pengusaha besar bin konglomerat Indonesia yang kekayaannya bagaikan mimipi saja dimata pengusaha selevel saya. Basrizal atau yang biasa dipanggil Basko sudah sukses jadi pengusaha di banyak bidang, diantaranya bisnis media percetakan, pertambangan. Lalu merambah ke bisnis properti, peternakan, perhotelan bintang 5.

Berbeda dari Bob Sadino yang bejo sudah lahir dari orang kaya, maka Basko lahir dari pasangan Ali Absyar dan Djaninar. Masa kecil Basrizal Koto sangatlah pahit seperti kisah dongeng, dimana Basko sempat hanya makan sehari sekali, untuk makan sehari-hari saja sang ibu tercinta harus sering meminjam beras ke tetangga. Ayahnya bekerja sebagai buruh tani. Karena susah hidup dikampung halaman, ia ditinggal ayahnya yang pergi merantau kerja ke kota Riau. Ketabahan sang ibu dalam menghadapi kehidupan adalah pelajaran hidup sangat berharga selalu membekas dihati bocah cilik Basrizal Koto.
kisah pengusaha sukses




Kisah Sukses Berasal dari Jualan Pete
Kisah pengusaha sukses Basko bak dongeng, beliau sempat bersekolah hingga kelas lima SD. Dalam ketabahan dan kearifannya, Basko akhirnya berkesimpulan bahwa kemiskinan harus dilawan bukan untuk dinikmati. Berbekal izin sang bunda, Basrizal memilih pergi merantau ke Riau dibanding melanjutkan sekolah seperti teman-temannya. Sebelum berangkat, sang bunda dengan harunya berpesan agar Basko kecil menerapkan 3 K dalam hidup, yaitu pandai-pandai lah dalam berhubunga dengan orang, manfaatkan peluang dan kesempatan yang mungkin muncul, serta bekerjalah dengan komitmen tinggi. 

Dengan bekal petuah 3 K itulah yang dia terapkan dalam berusaha sejak awal. Kala itu hal pertama yang Basko lakukannya di perantauan Riau adalah datang ke terminal setelah subuh demi mencari pekerjaan menjadi kernet angkot. Berkat kemampuannya berkomunikasi yang dipesankan sang Bunda, maka hari pertama Basrizal Koto kecil sudah bisa membantu sopir oplet. Saat awal-awal jadi kernet opelet, siang-malam si Basko kecil kerja tak peduli badan letih hingga dia berhasil menyewa rumah kontrakan guna menampung keluarga tercinta. Sungguh mulia mengharukan. Lebih mengharukan lagi jika sedulur membaca kisah kelanjutannya.

Tanpa sekolah formal, kemahirannya berkomunikasi, menepati janji, dan menjaga kepercayaan saat sekarang telah membawanya jadi pengusaha sukses, menaklukan kemiskinan, membangun kerajaan bisnis, dengn banyak karyawan. Basrizal Koto telah menjelma menjadi jutawan Indonesia. Jumlah perusahaan yang dikelolanya kini mencapai 15 perusahaan, termasuk sejak 2006 juga terjun ke bisnis penambangan batu bara, jasa TV kabel dan Internet di Sumatra.

Tapi tahukah sedulur... Bahwa Basko yang panjang akal mengawali usahanya dengan berjualan pete tanpa modal. Modalnya hanya kepercayaan, pete yang belum dibayar dibawa Basko ke restoran-restoran, menjualnya dengan harga yang lebih tinggi demi memperoleh laba. Duhai sedulur... Perjalanan hidup Basrizal Koto sebagai pengusaha sukses sungguh diawali dengan penuh warna dan keinginan mengubah nasib, mulai dari kernet, bakul pete tanpa modal, sopir, pemborong, tukang jahit hingga akhirnya menjadi dealer mobil. Masya Alloh, ini dongeng atau beneran ya..... ?

Tentu saja kisah pengusaha sukses Basrizal Koto adalah dongeng didunia nyata. Beberapa perusahaan miliknya adalah PT Basko Minang Plaza, PT Cerya Zico Utama (properti), PT Riau Agro Mandiri Perkasa bergerak dibidang pembibitan, pengalengan daging, PT Premier Basko Hotel Padang. Premier Basko Hotel Padang merupakan sebuah hotel bintang lima yang beroperasi di Padang, Sumatera Barat. Dan masih banyak lagi perusahaan yang beliau dirikan. Ya sudahlah, kita yang belum sesukses beliau tidak perlu berkecil hati, sesungguhnya ini adalah jalan kita yang terbaik. Jika Alloh memberi kita kesuksesan dalam sekejap, takutnya nanti lupa diri dan lupa dengan yang Memberi kesuksesa, Alloh Subhanahu wataala.. Baca Juga Kisah Sukses Seorang Wirausaha Lainnya
.